Ini Alasan Gitaris Cannibal Corpse, Rob Barrett Tak Pernah Headbang Lagi
Rob Barrett bersama Cannibal Corpse (Instagram @cannibalcorpse)

Bagikan:

JAKARTA - Gitaris Cannibal Corpse, Rob Barrett berbicara tentang evolusi penampilan panggungnya menjelang ulang tahunnya yang ke-55.

Saat tampil di episode terbaru podcast "Riffhard", Barrett mengatakan bahwa musisi harus sadar diri dengan kemampuannya.

"Itu sama saja dengan seorang atlet - Anda tidak melihat ada atlet kejuaraan yang masih aktif di usia 50-an pada level yang mereka lakukan pada usia 20-an mereka. Jadi, Anda benar-benar harus pintar dalam mencoba mempertahankan level itu selama Anda bisa," kata Barrett.

"Saya berhenti melakukan headbang mungkin empat atau lima tahun yang lalu. Saya merasa sudah cukup melakukannya sampai pada titik di mana saya menjadi kakek dan saya berkata, 'Hei, Tony Iommi tidak melakukan headbang.' Saya pikir jika riff Anda cukup bagus, Anda tidak perlu membuktikan diri secara fisik dan terlihat seperti itu," tambah dia.

"Dan selain itu, semua orang di band saya melakukan headbang gila-gilaan di sekitar saya. Jadi saya merasa seperti saya tidak perlu melakukannya lagi. Dan saya bermain live lebih baik karena saya tidak setengah fokus pada, 'Oh, saya perlu melakukan headbang dengan kecepatan ini di bagian ini.' Ini seperti Anda sedang melakukan stick shift — Anda harus mengganti gigi dengan riff. Sekarang saya hanya fokus pada gitar dan tidak perlu melakukan hal lain bersamaan."

Barrett lantas ditanya apakah dia pernah melukai dirinya saat tampil live. Ini jawabannya.

"Saya tidak melukai diri saya sendiri. Maksud saya, pasti ada saat-saat di mana saya akan, seperti, 'Yesus , leher saya ada yang tertarik' atau 'punggung saya terasa sakit' - sesuatu terasa keluar dari soketnya selama satu atau dua menit. Tapi itu tidak sampai pada titik di mana ahli terapi berkata, 'Oh, sepertinya kamu mengalami kecelakaan mobil.' Namun saya pernah mendengar beberapa orang mengatakan hal tersebut kepada mereka, dan itu adalah sesuatu yang — pada akhirnya Anda mungkin tidak bisa berjalan lagi."

"Maksud saya, hal itu tidak membuat saya takut untuk tidak ingin melakukannya lagi. Terkadang, jika kamu tidak melakukan headbang dengan kecepatan yang tepat atau semacamnya, itu terlihat tidak tepat, dan sepertinya saya sudah mencapai titik itu. Saya melihat videonya dan saya berkata, 'Wow, sayamulai terlihat bodoh melakukan hal itu.' Jadi saya berhenti melakukannya."

Barrett kemudian menguraikan kapan dia memutuskan dirinya muak dengan headbang.

"Saya rasa saya melakukan headbang dengan cukup baik setidaknya sampai usia 30-an. Namun, begitu saya mencapai usia 40-an, itu seperti, seperti, 'Pria sialan.' Saya hampir, seperti — tidak takut, tapi hanya, seperti, 'Sial, ini dia. Saya harus melakukan headbang lagi'," kata Barrett.

"Saya masih suka bermain gitar, tapi headbang menjadi sesuatu yang tidak ingin saya lakukan lagi. Maksud saya, ketika ada Corpsegrinder [vokalis Cannibal Corpse George Fisher] di sampingmu yang melakukan gerakan headpins gila-gilaan itu, toh tidak ada yang melihat ke arah saya... Saya lebih suka didengar, bukan dilihat."