Bagikan:

JAKARTA - Gitaris Staind, Mike Mushok, memberikan pandangannya tentang program baru Live Nation yang disebut "On The Road Again". Program ini bertujuan untuk mendukung artis yang sedang berkembang secara finansial dan tim mereka yang menghadapi meningkatnya biaya tur.

Diumumkan pada akhir September, klub-klub yang dimiliki dan dioperasikan oleh Live Nation akan menyediakan bahan bakar dan uang perjalanan sebesar 1.500 dolar AS per pertunjukan kepada semua headliner dan artis pendukung, selain kompensasi pertunjukan malam.

Selain itu, klub-klub ini tidak memungut biaya penjualan merchandise, sehingga artis mendapatkan 100 persen keuntungan merchandise.

Mushok berbicara tentang program Live Nation ini dalam wawancara baru-baru ini dengan V13. Ditanya apa pendapatnya tentang program tersebut, sebagai band tur, ini jawaban sang gitaris.

"Saya memiliki dua pemikiran tentang ini karena saya sebenarnya adalah pemilik sebagian tempat tersebut. Ini adalah tempat dengan 1.300 kursi di Foxborough [Massachusetts] di luar Stadion Gillette. Kami mengadakan pertunjukan musik live pada akhir pekan dan pertunjukan nasional dan secara umum kami tidak pernah memungut biaya merchandise dari band-band di tempat kami," Mushok memulai.

"Saya pulang larut malam tadi dan saya melihat artikel ini dan saya harus kembali dan benar-benar memperhatikannya. Sepertinya ini akan membuat tempat seperti milik saya menjadi sangat sulit karena, bukankah mereka membayar dana untuk kru, untuk band, untuk tur? Saya tidak bisa melakukan itu sebagai venue. Mereka sudah meningkatkan margin dan, sebagai promotor, sangat, sangat sulit untuk bersaing dengan itu untuk band," dia melanjutkan.

"Sekarang, saya datang sebagai seorang musisi, itu bagus, bukan? Maksud saya, bagaimanapun, ini adalah Live Nation. Mereka akan menghasilkan uang kembali di suatu tempat. Jika Anda berpikir bahwa mereka tidak akan menagih Anda, ya… Biaya tambahan akan naik, harga tiket. Mereka akan menebusnya di suatu tempat. Mereka adalah bisnis multi-miliar dolar. Mereka tidak akan memberikan uang begitu saja. Mereka akan menebusnya di suatu tempat dan kemudian itu adalah masalah yang sangat berbeda."

"Saya beritahu Anda, Anda tahu, kami baru saja menghabiskan musim panas di jalanan dan, sekarang Anda tidak menghasilkan uang dari penjualan rekaman, merchandise adalah hal yang penting bagi band. Sungguh luar biasa ada penggemar yang ingin mendukung bandnya dan memekai t-shirt atau beli bandana atau apa pun yang Anda jual. Itu bagus, tapi tempatnya memakan 25 persen."

"Saya ingat tahun 95, kami bermain di taman hiburan dan saya belum pernah mendengarnya," tambah Mushok. "Kami biasa menjual kaos di sebuah pertunjukan dengan harga sekitar 20 dolar atau berapa pun, dan itu adalah pertama kalinya, seperti, 'Kamu mengambil persentase. Apa maksudmu?' Ini sungguh nyata, benar-benar membuka mata, karena banyak penggemar yang tidak melihat sisi tersebut, namun tampaknya hal ini benar-benar menarik perhatian semua orang, jadi menurut saya bagus jika masalah ini ditangani."

"Menurut saya masalah ini sudah muncul. karena turnya mahal sekali. Mahal sekali kalau jalan-jalan. Mahal banget kalau tur, jadi menurut saya, untuk band yang main di klub-klub, mungkin tidak naik bus saja karena tidak mampu membelinya karena itu adalah keberuntungan, ketika Anda menjual [barang dagangan senilai] 1.000 dolar, 500 harus kembali ke tempat atau apa pun. Itu banyak. Anggap saja lebih dari 30 pertunjukan. Hal berikutnya yang Anda tahu, [itu seperti], 'Tunggu sebentar, saya memberimu berapa banyak?'"