Cuma Gabung di Satu Album, Eks Gitaris Iron Maiden Terkejut Masuk Rock and Roll Hall of Fame
Dennis Stratton dan Steve Harris (Instagram @dennis.stratton)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Iron Maiden dinominasikan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Dennis Stratton, gitaris yang hanya bermain pada album debut self-titled (1980) terkejut namanya termasuk di dalamnya.

Sementara itu, hanya satu anggota dari line-up rekaman profesional Iron Maiden sepanjang sejarah 40 tahun mereka yang tidak dimasukan. Dia adalah Blaze Bayley. 

Stratton, yang saat ini bermain gitar di band Lionheart (awalnya aktif dari 1980-1986, bersatu kembali pada 2016) diwawancarai dalam "Neil Jones Rock Show" TotalRock setelah pengumuman nominasi Rock Hall edisi 2021. Selain Maiden ada juga nama-nama seperti Foo Fighters, Rage against The Machine, New York Dolls, dan lainnya.

"Reaksi pertama, saya harus jujur ​​kepada Anda, saya pikir, 'nama saya tidak akan masuk'. Cukup lucu, saya mendapat pesan di pesan grup Lionheart dari [orang] yang mengerjakan semua artwork album  kami dan dia berkata kepada saya, 'Apakah kamu sudah melihat online? Kamu telah dinominasikan dengan band,'" kata Stratton, yang pertama kali bergabung dengan Maiden pada 1979.

Masa jabatan Startton di Iron maiden berumur pendek. Dia keluar pada Oktober 1980 dan digantikan Adrian Smith, yang tentunya termasuk di antara nominasi band, serta bassis pendiri Steve Harris, penyanyi Bruce Dickinson dan Paul Di'Anno, gitaris Dave Murray dan Janick Gers serta drumer Clive Burr dan Nicko McBrain.

Blaze Bayley, yang menggantikan Dickinson dari 1994 hingga 1999 dan menyanyi di album The X Factor dan Virtual XI, adalah satu-satunya anggota dari line-up rekaman Iron Maiden yang tidak menerima nominasi dari Hall.

"Saya tidak pernah beruntung dengan Maiden," keluh Stratton, "dan hal-hal tertentu yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, seperti cakram emas dari album pertama ... Saya tidak pernah benar-benar mendapatkan apa yang seharusnya saya terima." 

Stratton juga menekankan bahwa dia dan Harris masih sering berkomunikasi, biasanya tentang tim sepak bola West Ham United (Harris selalu memasang lambang tim di bassnya).

Mengenai keputusan Rock Hall untuk tidak menyertakan Bayley, Stratton berkomentar, "Saya perhatikan itu setelah itu saya membuka Facebook... dan ketika saya melihatnya, saya berpikir, 'Yah, itu pasti tergantung pada penyelenggara acara ini.' Tapi ketika saya tahu itu melibatkan tahun-tahun tertentu, mereka harus membuat garis di suatu tempat, bukan? Mereka membuat aturan, jadi saya tidak tahu."