Dave Grohl Tidak Peduli Apa yang akan Dipikirkan Kurt Cobain tentang Foo Fighters
Foo Fighters (Twitter @foofighters)

Bagikan:

JAKARTA - Lima Februari kemarin, Foo Fighters melucurkan album ke-10 mereka, Medicine at Midnight. Tak terasa, sudah sebanyak itu. Tapi, apakah Dave Grohl pernah bertanya-tanya apa pendapat mendiang Kurt Cobain tentang album barunya, atau bandnya secara umum? 

Jawabannya adalah tidak! Tapi, Grohl benar-benar tidak peduli dengan apa yang hampir semua orang pikirkan tentang musik yang dia buat. Grohl merupakan mantan drumer Nirvana yang kini menjadi vokalis sekaligus gitaris band pimpinannya, Foo Fighters.

Dalam wawancara dengan NME beberapa waktu lalu, yang juga menampilkan drumer Taylor Hawkins, Grohl mengatakan dia tidak menulis lagu untuk mengesankan siapa pun. Kecuali, segelintir orang, yang semuanya terlibat langsung dalam rekaman terbaru.

Ketika didesak apakah dia pernah merenungkan kesan Cobain tentang Foo Fighters, Grohl dengan tegas menyatakan, "Tidak, saya tidak pernah - dan saya akan memberi tahu Anda alasannya! Selama 25 tahun, itu adalah sesuatu di mana saya dinilai sejak awal, Anda harus menyadari bahwa ini sangat berbahaya. Anda tidak dapat membuat atau menilai apa pun dengan standar orang lain."

Grohl juga menyampaikan, dirinya prihatin dengan umpan balik negatif ketika dia pertama kali mulai menulis musik. Ya, musik yang dia buat itu akhirnya menjadi rekaman pertama Foo Fighters yang dirilis pada 1995 dan direkam pada Oktober 1994.

"Lucu sekali karena saya merahasiakan proyek kecil ini begitu lama sebelum menjadi band, dan salah satu alasannya adalah karena takut orang akan menghakiminya," kata Grohl.

Dia melanjutkan, itu merupakan rekaman demo kecil aneh dan dia merasa tidak nyaman berbagi dengan orang lain. Ada semacam rasa aman ketika menyimpannya untuk diri sendiri karena salah satu alasan Grohl memulai Foo Fighters adalah untuk 'melupakan' masa lalu (Nirvana).

"Foo Fighters benar-benar mewakili kelangsungan hidup ini karena saya tidak ingin tinggal di tempat itu (kenangan buruk akan kematian Cobain) selamanya dan saya tidak bisa. Saya akan tercekik," pungkas Grohl.