Dave Grohl Bermimpi Nirvana Masih Ada tapi Tidak Mau Nyanyikan Lagu Kurt Cobain
Nirvana (Twitter @nirvana)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang perilisan album studio kesepuluh Foo Fighters, Medicine At Midnight, bulan depan, Dave Grohl dkk muncul di edisi terbaru majalah Classic Rock. Dalam wawancara tersebut Grohl mengungkap bahwa dirinya masih bermimpi tentang Kurt Cobain, mimpi di mana Nirvana masih merupakan sebuah band aktif.

Mengenang waktunya di trio grunge Aberdeen, Washington, Grohl mengatakan pada Classic Rock: “Ketika saya pertama kali bergabung dengan Nirvana, itu sangat menyenangkan. Saya tinggal di sofa di ruang tamu Kurt, kami berlatih di gudang, kami menyiapkan perlengkapan kami dan memainkan lagu-lagu itu dan orang-orang melompat-lompat dan menjadi panas dan berkeringat. Saya sangat menyukai hubungan dan apresiasi yang dimiliki penonton Nirvana dengan band."

Ketika Nirvana dilantik ke dalam Rock And Roll Hall Of Fame pada tahun 2014, Grohl, Krist Novoselic dan Pat Smear (bagian dari band tur In Utero Nirvana, sekarang bermain bersama Grohl sekali lagi di Foo Fighters) tampil di atas panggung bersama lagi, dengan Joan Jett, Kim Gordon dari Sonic Youth, St. Vincent dan Lorde sebagai vokalis. 

Putri remaja Grohl, Violet, juga tampil dengan ketiganya, menyanyikan Heart-Shaped Box bersama ayahnya, Novoselic dan Smear pada Januari tahun lalu. Tapi Grohl mengatakan bahwa dia tidak akan pernah menyanyikan lirik Cobain di depan umum.

“Saya tidak akan merasa nyaman menyanyikan lagu yang dinyanyikan Kurt,” akunya. “Saya merasa sangat betah memainkan lagu-lagu itu dengan drum. Dan saya suka memainkannya dengan Krist dan Pat dan vokalis lainnya. Saya masih bermimpi bahwa kami berada di Nirwana, bahwa kami masih sebuah band. Saya masih bermimpi ada arena kosong yang menunggu kami untuk bermain. Tapi saya tidak duduk di rumah dan membaca sendiri Smells Like Teen Spirit. Itu hanya pengingat bahwa orang yang bertanggung jawab atas lagu-lagu indah itu sudah tidak bersama kami. Itu pahit."

Sementara itu, dalam wawancara terbaru dengan majalah Sunday Times Culture, Grohl berbicara tentang kemungkinan putrinya Violet mengikuti karier di bidang musik, mengungkapkan bahwa dia saat ini sangat tertarik dengan musik shoegaze, khususnya My Bloody Valentine.

“Dia dilahirkan dengan nada yang sempurna dan suara yang penuh perasaan dan memori musik yang bersifat fotografis,” kata Grohl. 

“Dia memiliki semua alat musik yang dia butuhkan. Dia menulis, saya melihat buku catatannya dan lirik yang dia tulis. Salah satu hal tentang menjadi musisi adalah dorongan yang memberi Anda keinginan untuk melakukannya. Dalam hal ini, saya mungkin menjadi cacat terbesarnya. Seperti, dia pasti putriku? Jadi saya mencoba untuk menjauh."