Bentuk General Maya Bareng Indra Q dan Bongky, Pay: Sementara BIP Santai Dulu
BIP (Instagram @bip_band)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga personel band BIP; Bongky, Indra Q dan Pay membuat proyek musik bernama General Maya. Proyek ini sedang mendekam di studio menyiapkan album perdana. 

General Maya dibentuk pada 27 Januari 2021. Ada nama @andeweazallosplos yang berperan sebagai produser eksekutif proyek ini.

Berbicara tentang arah musik yang bersemayam dalam lagu-lagunya, Pay mengatakan, komposisi dalam album debut General Maya dihujani semangat Slank era formasi 13 dengan gairah baru.

"Liarnya pengen kayak dulu," ucap Pay kepada VOI singkat. 

Dia lantas menjelaskan, General Maya menggandeng sejumlah penyanyi untuk ambil bagian dalam album ini. Namun, salah satu gitaris virtuoso Tanah Air itu enggan memberi bocoran siapa saja penyanyi yang dimaksud.

"Kami bertiga (sama Indra Q dan Bongky), tapi banyak penyanyi. Belum tau siapa saja penyanyinya," kata Pay.

Lalu, bagaimana dengan nasib BIP? Band yang dibentuk Pay, Indra Q, dan Bongky sejak dipecat dari Slank pada tahun 1996 silam?

"Sementara BIP santai dulu," tandas mantan suami Dewiq.

Bongky, Indra, dan Pay mendirikan BIP empat tahun setelah dipecat dari Slank, tepatnya 20 April 2000 di acara reuni Potlot yang diadakan di GOR Saparua, Bandung. Sebelumnya, para personel jebolan Slank itu pernah membentuk grup bernama Sablenk (Saya Bekas Anak Slank). 

Vokalis awal BIP adalah Irang Perdana Arkad. Mereka merilis dua album yaitu Turun dari Langit (2001) - yang melahirkan lagu tunggal Skak Mat, Aku Gemuk Lagi serta 1000 Puisi -  dan Min Plus (2002) di bawah naungan EMI Music Indonesia.

Awal Maret 2003, Irang memutuskan untuk mundur. April 2003, bertepatan dengan dirilisnya album The Best of BIP : Ternyata Harus Memilih yang merangkum 14 tembang, BIP mengumumkan mereka tidak lagi memakai Irang sebagai vokalis. Sebagai gantinya, mereka menggandeng Ipang, mantan vokalis Plastik. 

Dengan format Bongky (bass), Indra (kibor), Pay (gitar), Jaka (drum), dan Ipang (vokal), mereka merilis album Udara Segar (2004) di bawah Forte Record. Setelah vakum selama kurang lebih enam tahun, akhirnya pada 26 November 2010 BIP mengeluarkan album baru bertajuk Berangkat di bawah naungan Fame Music.

Pada 2016, BIP merilis album Kata Jenderal melalui konsep patungan dari para Bipers (penggemar BIP). Berselang tiga tahun, album mini Bikin Indonesia Paten diluncurkan. Album ini dirilis ulang pada akhir 2020 dalam format kaset via Sabda Nada.