Rage Against The Machine Gagal Masuk Daftar Terakhir Rock & Roll Hall of Fame
Zack de la Rocha RATM (tangkapan layar video musik YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Rock & Roll Hall of Fame 2021 baru saja digelar. Penghargaan ini diberikan kepada deretan musisi yang menjadi sosok berkembangnya genre rock.

Tahun ini, acara tersebut diwarnai sejumlah kontroversi, salah satunya nama Iron Maiden dan Rage Against The Machine (RATM) gagal masuk ke daftar terakhir Hall of Fame. Padahal sebelumnya, kedua nama tersebut muncul di bagian penerima penghargaan.

Selain mereka, ada Foo Fighters, Jay-Z, Tina Turner, The Go-Go’s, Billy Preston, LL Cool J, dan masih banyak lagi. Tetap saja, hilangnya Iron Maiden dan RATM dari daftar menimbulkan kekecewaan.

Kepada Blabbermouth pada hari ini, 18 Mei, Greg Harris selaku CEO angkat suara mengenai kekecewaan penggemar dan masyarakat.

“Tidak perlu diragukan bahwa Iron Maiden adalah band yang berpengaruh, dan itu mengapa mereka dinominasikan tahun ini bersama 15 musisi lain, dan ketika hasil dukungan suara dikumpulkan, enam (dari 15) ini memimpin. Jadi kami tidak bertanya, apakah mereka band yang penting, apakah mereka berpengaruh.”

Menurut Harris, 80 persen dari genre rock masuk ke daftar Rock & Roll Hall of Fame. Semua orang memiliki artis favorit yang berpengaruh bagi mereka.

“Saya pikir, orang-orang menyukai hal yang dekat dengan mereka, dan mereka perlu memperluas pola pikir mengenai rock and roll.” Baginya, rock and roll bukan sekadar para pria dengan rambut panjang dan gitar.

“Ini mengenai perbedaan… Kami mengambil interpretasi bahwa inilah macam-macam rock and roll. Dan saya pikir, di bawah ini, banyak yang mempertanyakan (musisi) hip-hop karena mereka bukan penggemar.”

Paul Stanley dari KISS mengatakan kegagalan Iron Maiden karena tidak mendapat dukungan suara banyak adalah hal yang gila. “Terlepas dari siapa yang memilih, pihak komite harus melantik mereka (Iron Maiden). Mereka telah membantu menelurkan seluruh genre musik. Hal apa lagi yang perlu dilakukan?”

Pernyataan serupa juga disampaikan Gene Simmons terkait gagalnya RATM  masuk ke dalam daftar. “(RR Hall of Fame) dijalankan oleh sekumpulan orang Amerika yang tidak tahu rock and roll jika itu mengenai muka mereka.”