Iwan Fals Soroti Serangan Israel Lewat Lagu '<i>Palestina</i>'
Iwan Fals (Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Iwan Fals ikut bersuara mengenai serangan militer dari Israel kepada Palestina lewat sebuah lagu.

Berjudul Palestina, lagu itu diunggahnya dalam format video melalui kanal YouTube-nya pada Jumat, 14 Mei.

“Enam tahun yang lalu saya buat lagu ini dan hari ini, saya ingin menyanyikan lagi sebagai bentuk keprihatinan saya terhadap yang terjadi di Gaza akhir-akhir ini, Palestina,” katanya melalui video tersebut.

Dia pun mengaku sudah bosan terus-terusan merasa berduka. Perasaannya sudah campur aduk mulai dari marah, sedih, bahkan melebihi sedih.

"Ya susah, emosi, nafsu, panas, tapi ya itu mereka harus memutuskan. Berani tidak memutuskan itu? Karena dendam kalau diikut-ikuti kan tidak selesai. Sampai kapan? Ya intinya, rasa damai ingin berperang itu kan manusia, ya sudah hentikan saja," katanya lebih lanjut.

Iwan Fals juga mengingatkan bahwa Indonesia terancam perang di Laut China Selatan. “tapi ada juga yang bilang perang sekarang bukan dar der dor, bang, tapi perangnya di cuci otak, di media massa, dan segala macam,” katanya.

Menjelang videonya berakhir, Iwan Fals menyebut renungan abal-abal ini kiranya bisa menjadi inspirasi bagi para pemimpin negara. “Yang memutuskan perang kan dari pemimpin. Rakyat ya bisa apa, kan hanya ikut saja.”

Video tersebut sudah ditonton 17 ribu dan didukung oleh warganet. Mereka berterima kasih atas ungkapan Iwan Fals melalui video tersebut.