Bagikan:

JAKARTA - Wolfgang Van Halen menjelaskan mengapa dia tidak akan meng-cover lagu-lagu band ayahnya secara live.

Musisi yang bermain di bawah proyek Mammoth WVH ini membawakan On Fire, Hot For Teacher, dan Panama dalam konser penghormatan Taylor Hawkins tahun lalu.

Dia membawakan lagu-lagu tersebut bersama pentolan The Darkness, Justin Hawkins pada vokal, Dave Grohl dari Foo Fighters pada bass, dan Josh Freese pada drum dalam dua konser sebagai penghormatan kepada mendiang sang drumer.

"Itu sangat indah. Ini adalah pengecualian, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya,” kenangnya di podcast Talk Is Jericho, yang dibawakan oleh vokalis Fozzy, Chris Jericho.

“Taylor adalah penggemar berat Van Halen dan untuk mendapatkan kepuasan saya sendiri dengan melakukan penghormatan langsung kepada ayah Van Halen, rasanya hal yang benar untuk dilakukan pada saat itu. Saya sangat bangga akan hal itu,” beber Wolfie kepada Metal Hammer.

Dia kemudian menjelaskan mengapa acara itu merupakan pengecualian dari aturan biasanya, di mana dia tidak memasukkan lagu ayahnya ke dalam penampilannya sendiri.

“Saya senang bisa membuktikan diri,” katanya kepada Jericho. “Perbedaan utama yang penting adalah saya tidak melakukan apa yang ayah saya lakukan, saya adalah diri saya sendiri, saya adalah musisi bagi diri saya sendiri… itu sebabnya saya tidak memainkan musik Van Halen atau memiliki rencana untuk memainkan musik Van Halen dalam konser saya."

“Bahkan ayah saya benci melakukan cover pada masa itu, kutipannya selalu bergema di benak saya ketika dia mengatakan 'Saya lebih suka tampil memukau dengan musik saya sendiri ketimbang sukses dengan musik orang lain', dan itulah yang sebenarnya saya rasakan saat memainkan musik Van Halen. Saya lebih memilih gagal dengan musik saya sendiri ketimbang sukses lewat Panama.”

Wolfgang sebelumnya mendapat sorotan dari para pengkritik karena dianggap gagal menghormati ayahnya dengan tidak memainkan lagu-lagunya secara live.