Eddie Van Halen, Gitaris Keturunan Rangkasbitung Meninggal Dunia
Eddie Van Halen (Twitter @rockandrollpicts)

Bagikan:

JAKARTA - Berita duka kembali menerpa dunia musik. Gitaris virtuoso Eddie Van Halen meninggal dunia karena kanker. Dia berusia 65 tahun.

Putra Eddie, Wolfgang, yang menjadi bassis band Van Halen sejak tahun 2007, mengumumkan berita tersebut di Twitter pada hari Selasa waktu setempat

"Saya tidak percaya saya harus menulis ini, tetapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dalam pertempuran panjang dan sulit melawan kanker pagi ini," tulisnya.

“Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya minta. Setiap momen yang saya bagikan dengannya di dalam dan di luar panggung adalah sebuah hadiah.

“Hati saya hancur dan saya rasa saya tidak akan pernah pulih sepenuhnya dari kehilangan ini.”

Dia menambahkan: "Aku sangat mencintaimu, Pop."

Eddie Van Halen, lahir pada tahun 1955 di Amsterdam dan dibesarkan di Pasadena, California. Ia membentuk Van Halen bersama saudaranya Alex, bassis Michael Anthony dan penyanyi David Lee Roth pada tahun 1974.

Van Halen memulai perjalanan karier mereka dengan bermain di klub-klub Hollywood Barat sebelum meledak di kancah rock pada tahun 1978 melalui album debut self-titled yang terjual lebih dari 10 juta kopi.

Gelombang hard rock yang mereka bawa sukses mendepak disko dari puncak tangga lagu.

Grup ini, salah satu dari 20 artis terlaris sepanjang masa, kemudian mencabik-cabik dunia musik melalui album multi-platinum dalam lima tahun berturut-turut: Van Halen II (1979), Women and Children First (1980), Fair Warning (1981), Diver Down (1982) dan terakhir karya terbesar mereka, 1984.

Album ini meliputi hits Jump, Panama dan Hot for Teacher. Terpisah dari band, Eddie Van Halen juga menyumbangkan solo gitar yang khas pada lagu Beat It (1982) milik Michael Jackson.

Dimulai dengan solo sangar dalam lagu Eruption dari album debut mereka, permainan gitar akrobatik khas Eddie Van Halen memperkuat daya tarik band, membuat mereka mendapatkan reputasi sebagai salah satu band rock termasyhur sepanjang masa.

Dalam sebuah wawancara eksklusif Eddie dan Alex Van Halen dengan David Lee Roth pada tahun 2012 terungkap, Eddie adalah keturunan Rangkasbitung, Banten, Indonesia.

David yang menjadi pewawancara menanyakan dari mana saja dorongan mereka dapat dari kecil untuk menggeluti musik, Eddie menjawab: ibu mereka, Euginia. Kemudian ditanya soal asal si ibu, Alex melontarkan, "Rangkasbitung".

Simak wawancaranya di bawah:

Beristirahatlah dengan tenang wahai maestro gitar. Anda akan selalu dirindukan...