Billboard Music Awards Beri Penghormatan Khusus untuk Eddie Van Halen
Eddie dan putranya Wolfgang Van Halen (Twitter @wolfvanhalen)

Bagikan:

JAKARTA - Billboard Music Awards (BBMA) 2020 baru saja usai. Digelar di Dolby Theatre, Los Angeles tanpa audiens pada 14 Oktober waktu Amerika Serikat, sebuah penghormatan khusus diberikan kepada mendiang Eddie Van Halen.

Pembawa acara BBMA, Kelly Clarkson, memperkenalkan segmen acara "one’s we lost". Dia menyebutkan beberapa musisi yang meninggal tahun ini. Selain Eddie Van Halen, juga ada nama-nama seperti Mac Davis, Juice WRLD dan Little Richard.

“Raksasa sejati diambil dari kami,” kata Clarkson tentang Eddie Van Halen, bintang rock legendaris. 

“Dia adalah seorang gitaris legendaris, musisi yang menakjubkan, dan penulis lagu yang luar biasa.”

Selain itu, BBMA memutar pertunjukan langka Van Halen di televisi. Band ini membawakan lagu Panama di Billboard Music Awards 2015 di Las Vegas dengan formasi Eddie dan Alex Van Halen pada gitar dan drum, putra Eddie, Wolfgang pada bass dan David Lee Roth pada vokal.

 

Setelah sebagian dari penampilan epik Van Halen itu ditampilkan, kamera lalu beralih ke gitar ikonik Eddie Van Halen yang terpampang di atas panggung. Dengan satu lampu sorot di atasnya, momen ini terasa emosional.

lihat potongan videonya di bawah:

Eddie Van Halen mengembuskan napas terakhirnya pada 6 Oktober lalu setelah kalah melawan kanker tenggorokan. Penyakit kanker yang diderita Eddie kabarnya didapat akibat ia sering menahan pick gitar logam di lidahnya selama puluhan tahun saat Eddie memainkan teknik two-handed tapping yang menjadi ciri khas gitaris Belanda keturunan Rangkasbitung, Banten, Indonesia ini.