Bagikan:

JAKARTA - Rumah lelang Julien's Auctions akan menggelar acara bertajuk "Played, Worn, & Torn: Rock 'N' Roll Iconic Guitars" untuk melelang berbagai gitar dan artefak yang memuat cerita penting dalam sejarah rock n’ roll.

Gitar Ernie Ball Music Man Eddie Van Halen Signature tahun 1993 jadi salah satu barang lelang yang paling menarik. Pasalnya, gitar ini muncul kembali setelah 31 tahun lamanya tidak terlihat.

Gitar khusus dari Van Halen itu berhiaskan bendera Kanada, yang mana dimainkan oleh sang gitaris selama konser Hari Kanada pada tahun 1993.

Awalnya, gitar yang dibuat pada Maret 1993 itu terdaftar sebagai "Gitar Van Halen Ungu Tembus Pandang", namun bertransformasi menjadi bendera Kanada. Sementara, bahan yang mendukung gitar ini adalah maple pada leher, basswood pada badan, dan pickup humbucker khas DiMarzio.

Van Halen Signature ini hanya sekali dimunculkan ke publik, yaitu saat sang gitaris tampil di Molson Park, Barrie, Ontario, Kanda pada 1 Juli 1993. Gitar ini dimainkan menjelang encore, sebagai kejutan bagi penonton dan penghormatan kepada Kanada. Saat itu, Van Halen memainkan lagu-lagu ikonik seperti "Jump", "You Benar-benar Got Me", dan "Rockin' In The Free World".

Sebelum dihadirkan dalam lelang, keberadaan gitar tersebut masih menjadi misteri selama tiga dekade terakhir. Kemunculannya kembali, lengkap dengan case hardshell hitam, tiket konser, dan foto pertunjukan, merupakan harta karun bagi kolektor dan penggemar.

Perjalanan instrumen ini, dari pabrik hingga panggung hingga sudut tersembunyi dalam sejarah rock n’ roll, mengungkapkan banyak hal tentang kekuatan musik yang abadi dan kemampuannya untuk menciptakan kenangan abadi.