Penggarapan Mural Eddie Van Halen di Guitar Center Digeber
Mural Eddie Van Halen dibuat di guitar Center (Instagram @therobertvargas)

Bagikan:

JAKARTA - Artis Robert Vargas saat ini sedang melukis mural Eddie Van Halen di Guitar Center di Hollywood, California. Mural tersebut diharapkan selesai pada 17 Januari, dan akan diresmikan pada 26 Januari.

"Saya akan mengecat ini, 10.00-18.00, Kamis hingga Minggu, 17 Januari. Anda dapat melihat saya membuat mural epik ini dari mobil Anda atau Anda dapat menonton streaming langsungnya di sini, setiap hari pada jam 4 sore. Saya akan menghancurkan seluruh katalog saat saya melukis!" Vargas berkata dilansir dari Blabbermouth, Jumat, 15 Januari.

Vargas adalah seniman kontemporer yang terkenal dengan potret media campuran, mural, dan acara-acara langsungnya. Lahir dan dibesarkan di lingkungan Boyle Heights di Los Angeles, karyanya yang paling terkenal meliputi mural yang ditugaskan di City of L.A. "Can't Stop" dari vokalis legendaris Suicidal Tendencies, Mike Muir. 

Dia melihat karya mural publiknya baik di Los Angeles maupun di seluruh dunia sebagai sarana untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan mempromosikan seni dan komunitas yang dapat diakses melalui proses kreatif.

Ini bukan mural pertama yang dibuat untuk menghormati musisi ikonik Eddie Van Halen. Kurang dari sebulan setelah kematian sang gitaris, seniman airbrush Paul Archer melukis mural pria yang masih memiliki darah Indonesia ini di dinding belakang toko Archer Airbrushing di Victoria, British Columbia, Kanada.

Eddie meninggal dunia pada Oktober di usia 65 tahun. Kematiannya diumumkan oleh putra Eddie sekaligus bassis Van Halen, Wolfgang.

Eddie meninggal di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California. Setelah kematiannya, penggemar meninggalkan bunga di rumah masa kecilnya di Las Lunas Street di Pasadena, California. Bunga lainnya serta lilin dan kenang-kenangan penggemar ditempatkan di Allen Avenue di mana Eddie dan saudaranya, drumer Alex, menggoreskan nama band mereka ke semen basah trotoar ketika mereka masih remaja.

Pada bulan Oktober, Dewan Kota melakukan pertemuan di Pasadena. Mereka membahas tentang pembuatan tugu peringatan untuk menghormati Eddie. Manajer kota Steve Mermell diarahkan untuk mendapatkan ide tentang cara terbaik untuk menghormati sang musisi.

Van Halen dilantik ke dalam Rock And Roll Hall Of Fame pada tahun 2007. Sementara itu, Eddie Van Halen menempati posisi 8 dalam daftar 100 gitaris terhebat di dunia versi majalah Rolling Stone.