Bagikan:

JAKARTA - Vokalis dan bassis legendaris Glenn Hughes (Deep Purple, Black Sabbath, Black Country Communion) mengomentari band-band yang sangat bergantung pada lagu yang direkam sebelumnya (playback) selama pertunjukan live mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak artis yang diberi izin untuk mengandalkan trek yang direkam sebelumnya, trigger drum, dan berbagai macam teknologi lainnya yang membuat konser menjadi lebih sintetik namun juga lebih konsisten.

Baik atau buruk, trek yang direkam sebelumnya menjadi semakin umum bagi artis tur dari semua tingkatan dan genre dan tidak hanya digunakan dalam musik pop — banyak artis rock menggunakan trek pemutaran pada tingkat yang berbeda-beda.

Berbicara kepada podcast "Rock Of Nations With Dave Kinchen And Shane McEachern", Glenn memberikan pandangannya tentang fenomena ini.

"Saya pikir secara umum, dengan backing track, saya pikir beberapa musik tidak apa-apa. Beberapa band sudah membuat lagu latar, bukan vokal, selama bertahun-tahun. Saya pikir itu tidak masalah. Tapi dengan vokal, saya tidak akan melakukannya. Jangan meminta orang membayar untuk melihat kamu lipsync," beber Glenn.

"Itu tidak adil. Dan omong-omong, banyak penggemar melakukan hal itu yang mungkin Anda tidak mengetahuinya, dan itu mengerikan. Saya tidak bisa menyebutkan nama."

Ditanya apakah dia akan "berhenti" jika dia merasa tidak mampu lagu menjangkau nada-nada tinggi seperti saat muda. Ini kata pemilik suara melengking itu.

"Bagi saya, jika saya memiliki rasa takut… Dengar, saya tidak mengirim pesan ke alam semesta bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Saya pikir orang-orang pada umumnya, jika mereka tidak hidup dengan baik, jika pikiran mereka tidak baik, jika pikiran mereka kacau, jika mereka merasa ada penyakit di tubuh mereka, mereka pikir mereka akan sakit. Saya tidak ingin sakit. Saya bekerja dengan rajin setiap hari, menjaga diri saya dalam kondisi yang baik," Glenn menjelaskan.

"Bagi saya untuk — kata 'pensiun'…. Ketika saya selesai… Saya rasa saya tidak akan pernah selesai, tapi jika saya memperlambatnya, itu benar-benar melambat. Jika saya berhenti, saya tidak akan bisa memulai lagi. Saya tidak bisa mengambil cuti enam bulan. The Dead Daisies ingin mengambil cuti enam bulan dan saya menolak. Itu sebabnya saya terus berjalan. Jadi saya akan terus melakukannya sampai suatu saat saya berkata, 'Saya perlu memperlambat.' Saya punya banyak energi untuk orang yang lebih tua, jadi saya akan terus melakukan ini selagi saya berada dalam ruang kepala yang bagus, ruang vokal yang bagus, dan bentuk tubuh yang bagus."

Belum lama ini, vokalis KISS, Paul Stanley, yang telah berjuang untuk mencapai nada tinggi di banyak lagu klasik band ini selama beberapa tahun, dituduh bernyanyi emnggunakan bantuan backing tape pada tur "End Of The Road" KISS yang sedang berlangsung.

Sementara jika mundur ke tahun 2015, bassis/vokalis KISS Gene Simmons mengecam band-band yang menggunakan backing tape karena tidak cukup jujur ​​​​untuk memasukkan fakta tersebut ke dalam tiket konser mereka.