Bagikan:

JAKARTA - Metallica sukses menarik hampir 80 ribu penggemar ke Stadion SoFi di Los Angeles pada Jumat pekan lalu, 25 Agustus, dalam konser pertama dari dua konser di venue tersebut.

Ini adalah jumlah penonton terbesar dalam sejarah stadion SoCal, yang dibuka pada September 2020.

Hebatnya, legenda metal yang berbasis di San Francisco Bay Area ini juga berhasil menarik penonton dengan kapasitas yang sama dua hari kemudian.

Para penggemar membeli lebih dari 156 ribu tiket untuk dua stand konser, yang merupakan bagian dari tur dunia "M72" Metallica.

Tur "M72" menampilkan desain panggung baru yang berani. Panggung Snake Pit mereka yang terkenal kini dipindahkan ke tengah sehingga memungkinkan promotor menjual lebih banyak tiket dari biasanya.

Dan karena panggung Metallica berlubang di bagian tengahnya, tersedia lebih banyak ruang untuk menampung para penggemar.

Menurut Billboard, panggung berbentuk cincin raksasa Metallica juga mencakup delapan menara monitor dan speaker, dengan masing-masing menara ditopang oleh platform tinggi yang berfungsi ganda sebagai tempat duduk VIP, dengan delapan kursi lipat yang dihiasi dengan skema warna hitam-kuning dari album baru band, 72 Seasons.

Tur "M72" diluncurkan pada akhir April di Amsterdam.

Sebagian dari hasil tur ini disumbangkan ke yayasan All Within My Hands milik Metallica, yang berupaya membantu dan memperkaya kehidupan anggota komunitas yang telah mendukung band ini dan memerangi kerawanan pangan; memberikan bantuan bencana; dan memberikan beasiswa.

Produksi Metallica dalam tur ini dilakukan dengan mengerahkan dengan 87 truk — 45 untuk band dan pengaturannya, ditambah dua grup yang masing-masing terdiri dari 21 truk untuk panggung baja dan menara. Ada 130 orang di kru band, ditambah 40 pekerja baja, karyawan lokal, dan supir truk.

Manajer Metallica, Cliff Burnstein mengatakan kepada Billboard bahwa antara 80 persen sampai 90 persen penggemar di setiap konser menghadiri kedua pertunjukan tersebut.

Sementara itu, stand dua malam Metallica di AT&T Stadium di Arlington, Texas awal bulan ini disiarkan langsung ke bioskop di seluruh dunia. Ini menandai penampilan pertama Metallica di Texas sejak November 2021, ketika band ini bermain sebelum, selama, dan setelah acara Triad Combat di Globe Life Field.