Bagikan:

JAKARTA - Yayasan All Within My Hands milik Metallica memberikan total 150 ribu dolar (setara Rp2,23 miliar) AS kepada tiga organisasi terpisah untuk membantu sejumlah daerah yang terdampak cuaca buruk di Amerika Serikat.

Dua organisasi pertama yang masing-masing menerima 50 ribu dolar AS (Rp746 juta) adalah Team Rubicon dan Direct Relief. Dana tersebut akan membantu upaya pemulihan mereka terkait badai petir dahsyat yang melanda Mississippi dan Alabama pada malam 24 Maret 2023.

Menurut National Weather Service, ada laporan tentang 20 tornado yang melanda dua negara bagian hari itu, termasuk 4 Enhanced Fujita (EF) skala besar di Rolling Fork, MS. Pada 26 Maret, tornado lain dipastikan mendarat di dekat LaGrange, Georgia, sekitar 65 mil tenggara Atlanta.

Penduduk di jalur 'awan corong' telah kehilangan hampir segalanya, dan di banyak daerah, mobil yang terbalik, rumah yang dihancurkan, kabel listrik yang robek, dan menara air yang roboh adalah yang tersisa. Rumah, bisnis, lahan pertanian, dan yang paling parah, 26 nyawa telah hilang.

Kerusakan pada komunitas-komunitas ini akan berlangsung sangat lama, tetapi kebutuhan akan bantuan dan tanggapan dari Team Rubicon dan Direct Relief akan dikirimkan secepatnya.

Relawan Tim Rubicon, yang dikenal sebagai "Greyshirts", bertugas di lapangan di komunitas yang terkena dampak, menaksir kerusakan dan membersihkan pohon dan puing-puing dari jalan raya. Mereka adalah satu-satunya organisasi nirlaba yang melakukan jenis layanan ini, memungkinkan responden pertama masuk dan penduduk pergi untuk mengakses sumber daya vital.

Lingkungan bukan satu-satunya hal yang perlu diperhatikan. Kesehatan dan keselamatan masyarakat juga menjadi perhatian serius, mulai dari cedera akut hingga kondisi kronis yang tidak terkelola yang dapat berkembang menjadi krisis medis.

Direct Relief mengirimkan persediaan ke Asosiasi Perawatan Primer Mississippi dan Alabama, Asosiasi Klinik Gratis Mississippi dan Alabama, dan VOAD Nasional (Organisasi Sukarela Aktif dalam Bencana) untuk mendukung perawatan medis darurat.

Organisasi ketiga yang menerima 50 ribu dolar AS (Rp746 juta) dari All Within My Hands adalah Monterey County Storm Relief Fund dari Community Foundation for Monterey County (CFMC). Dana tersebut akan membantu mereka yang terkena dampak kehancuran luas dari badai musim dingin baru-baru ini dan jebolnya tanggul Pajaro di Monterey County, California.

Badai tahun 2023 membawa hujan lebat, pohon tumbang, listrik padam, dan banjir yang memaksa hampir 2.000 anggota komunitas Pajaro mengungsi. Beberapa penduduk tidak akan dapat kembali ke rumah selama berminggu-minggu, mengandalkan pusat evakuasi kabupaten untuk mendapatkan dukungan.

CFMC menciptakan Dana Bantuan Badai Kabupaten Monterey untuk memberikan bantuan dan pemulihan bagi mereka yang terkena dampak dan untuk responden pertama. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk kebutuhan makanan, tempat penampungan darurat, bantuan keuangan untuk mereka yang dievakuasi, dan upaya pemulihan.