Banjir Lebak, Pemprov Banten Mulai Distribusi Logistik
BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mendistribusikan logistik untuk masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Leuwidamar, Selasa (14/3/2023). (ANTARA)

Bagikan:

LEBAK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mendistribusikan logistik untuk masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Leuwidamar.

"Kami berharap bantuan logistik itu berupa kebutuhan bahan pokok dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, " kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agust Riza Faisal dikutip ANTARA, Rabu 15 Maret.

Masyarakat yang terdampak banjir di Desa Mekarwangi Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak akibat curah hujan tinggi, Selasa 14 Maret dini hari mengakibatkan sejumlah saluran drainase tidak berjalan dan menimbulkan luapan air ke tiga perkampungan.

Berdasarkan data rumah warga yang terendam banjir sebanyak 97 unit dengan ketinggian antara 70 sentimeter hingga 1,5 meter, namun beruntung banjir surut pukul 06.00 WIB.

Peristiwa banjir tersebut tidak ditemukan laporan korban jiwa maupun luka-luka tetapi perabotan rumah warga yang terkena genangan air banjir.

BPBD Lebak mengimbau masyarakat setempat agar meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca buruk yang ditandai hujan lebat dan angin kencang disertai petir/kilat .

Cuaca buruk di Kabupaten Lebak masih berpeluang pagi, siang, sore malam hingga dini hari dan berpotensi menimbulkan bencana alam.

"Kami minta warga yang tinggal di lokasi rawan bencana agar waspada menghadapi cuaca buruk itu, " katanya.

Menurut dia, bantuan pendistribusian logistik dari BPBD untuk masyarakat tersebut untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Logistik tersebut berupa kebutuhan bahan pokok, seperti beras, mi instan, kecap, minuman kemasan, sarden, dan makanan kering juga peralatan dapur.

Bantuan logistik itu untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak banjir, bahkan di antaranya mereka tempat beras terendam banjir.

"Kami berharap pendistribusian logistik dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga korban banjir itu, " kata Agust.

Sementara itu, Udin, seorang warga korban banjir mengatakan dirinya merasa lega dan senang setelah menerima bantuan pendistribusian logistik dari BPBD setempat untuk kebutuhan pangan keluarga.

Para korban banjir saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Kami sangat terbantu pendistribusian logistik itu, sehingga dapat meringankan beban ekonomi keluarga," demikian Udin.