20 Tahun <i>Meteora</i>: Siapa Model di Sampul Album Linkin Park?
Meteora

Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini, album klasik Linkin Park - Meteora - berusia 20 dekade. Setelah band ini merilis lagu Lost yang belum pernah dipublikasikan, kami memutuskan mengajak pembaca untuk mengingat kembali orang misterius dalam artwok sampul album tersebut.

Siapa model sampul album Meteora itu? Petunjuknya, dia bukan anggota band Linkin Park, seperti vokalis Mike Shinoda atau gitaris Brad Delson.

Faktanya, orang dalam sampul Meteora - berjongkok, memakai respirator, cat semprot di tangan - adalah seniman Belanda Boris Tellegen, yang juga dikenal dengan nama tag grafitinya, Delta.

Tellegen membantu Linkin Park pada tahun 2003 dengan karya seni untuk Meteora. Tapi apa yang pertama kali dibayangkan sebagai sampul album terakhir - mural komunal raksasa yang dilukis oleh timnya - digantikan oleh bidikan tunggal Tellegen yang sedang mengerjakan karya seni tersebut.

"Kami memilih gambar Boris untuk sampul album karena kekuatannya yang tenang," jelas Shinoda dalam The Art of Meteora, sebuah film dokumenter pendek yang mengiringi album Meteora.

Mural tersebut malah ditangkap dalam foto-foto di sepanjang catatan liner Meteora. Tellegen, yang pertama kali muncul di dunia grafiti tahun 80-an, terus berkarya hingga saat ini.

Kunjungi boristellegen.com untuk melihat karya-karya sang seniman.