BMW R 1300 GS Makin Canggih dan Praktis Dilengkapi Bagasi Vario Terbaru
BMW R 1300 GS dengan bagasi Vario. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - BMW Motorrad resmi meluncurkan perlengkapan untuk model R 1300 GS demi menunjang pengendara melalui petualangan jarak jauh. Perlengkapan yang disebut sebagai bagasi Vario tersebut memiliki beberapa hal yang menarik.

Desain casing samping dan atas bagasi telah mengalami revisi. Bagian ini tidak hanya menawarkan keandalan yang kuat, melainkan ini dapat menyatu secara harmonis ke dalam desain terbaru dari big bike berpetualang tersebut.

Dilansir dalam laman resmi BMW Group, Senin, 16 Oktober, sistem bagasi kini telah dialiri oleh listrik yang dapat terintegrasi dengan perangkat seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop dapat diisi dayanya melalui bagasi bagian kiri.

5

Tersedia juga port pengisi daya USB-A yang memungkinkan pengguna dapat mengisi ulang melalui jaringan on-board dengan daya hingga 15 W, yang terletak di casing atas. Selain itu, pencahayaan yang terintegrasi pada casing samping dan atas dapat memudahkan membongkar muat barang pada malam hari.

Fitur terbaru lainnya yang hadir pada bagasi Vario, yakni sistem penguncian sentral radio standar pada BMW R 1300 GS. Bagasi tersebut juga dilengkapi dengan kunci mekanis yang dapat membuka dan menutup casing bila radio key hilang.

4

Bagasi Vario tersebut menawarkan total kapasitas hingga 97 liter dengan casing atas memiliki ruang 24,8 liter dan dapat diperluas hingga 33 liter. Sementara untuk bagasi kiri dari 21,5 liter menjadi 28,9 liter dan bagian kanan bertambah dari 21,3 liter menjadi 26,8 liter.

Beban yang mampu ditampung pada ruang penyimpanan ini adalah 10 kg per sisi, sedangkan bobot maksimum untuk bagasi atas 6 kg dengan total secara keseluruhan menjadi 26 kg. Trim aluminium anodisa di bagian luar casing serta di bagian luar dan tutup casing atas Vario menambah daya tarik visual sekaligus memberikan ketahanan terhadap benturan pada casing.

Bila BMW R 1300 GS membawa beban pada bagasi Vario, pengendara dapat melajukan kendaraannya hingga 180 km/jam atau berkurang 20 km/jam dari kecepatan aslinya. Meskipun cocok untuk model tersebut, bagasi ini tidak cocok untuk model sebelumnya seperti R 1250 GS dan lainnya.