Diluncurkan September, BMW Motorrad Sematkan Fitur Peringatan Kecelakaan pada R 1300 GS
BMW R 1300 GS. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Demi meningkatkan keselamatan pengguna jalan, BMW Motorrad berniat akan menanamkan fitur Forward Collision Warning (FCW) pada model terbaru R 1300 GS.

Fitur ini sebelumnya telah ada pada berbagai model mobil terbaru. BMW Motorrad mencoba inovasi terbaru dengan menyematkan FCW pada sepeda motor. Fitur tersebut berguna untuk mencegah menabrak objek di depannya saat tidak fokus.

Dilansir dari Motorcyclenews, Kamis, 3 Agustus, fitur ini akan memakai sistem radar pada bagian depan, sama halnya fitur Active Cruise Control (ACC) yang ada pada R 1250 RT.

Sistem FCW ini dapat bekerja saat motor memberikan peringatan kepada pengendara dan juga akan mengurangi sedikit laju kendaraan. Fitur FCW dapat aktif selama ABS dinyalakan serta motor berada di kecepatan 30 km/jam sampai 160 km/jam.

Sistem radar ini dapat membaca jalan di depannya dengan mengawasi jarak motor dengan objek di depannya. Bila motor dilajukan sangat cepat, maka radar dapat memberikan simbol peringatan pada kluster instrumen sebagai langkah awal menghindari kecelakaan.

Dengan menggunakan ABS, sistem ini dapat memberikan kejutan kecil. Ini yang membuat pengendara kembali waspada dengan memperhatikan dan berkonsentrasi melihat jalanan di depannya. Bila pengendara tidak menggubrisnya, maka sistem akan memberi peringatan lebih keras.

Walaupun tidak akan membuat sepeda motor akan berhenti, namun ini akan mengurangi kecepatan dengan sendirinya. Sistem akan membiarkan pengendara membuat keputusan untuk mengerem atau menghindar.

Sistem tersebut dengan canggihnya dapat membaca tingkat konsentrasi pengendara. Bila pengendara tidak fokus menghadap ke depan, maka fitur ini akan memberikan peringatan keras.

Meskipun demikian, sistem FCW bisa dinonaktifkan bila pengendara merasa terganggu. FCW berguna untuk membuat pengendara lebih berkonsentrasi dan fitur ini tidak ada pada motor lain.

Selain FCW, R 1300 GS akan disematkan fitur ACC serta beberapa fitur keselamatan lainnya seperti Blind Spot Detection untuk memantau titik buta pada sepeda motor.

BMW R 1300 GS memiliki daya pacu dengan mesin berkapasitas 1.300 cc boxer 2-silinder dan akan memiliki daya yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya. BMW Motorrad akan merilis big bike tersebut pada 28 September mendatang.