Bagikan:

JAKARTA - Balai lelang RM Sotheby's akan melelang mobil langka nan memukau, Talbot-Lago T26 Grand Sport Coupe dengan body custom oleh Carrosserie Jean Barou di pelelangan Tegernsee, Jerman pada 27 Juli ini.

Mobil ini diperkirakan terjual antara 1.400.000 hingga 1.600.000 euro (sekitar Rp24,5 miliar hingga Rp28 miliar).

8

Dilansir dari info rumah lelangnya, 11 Juli, Talbot-Lago T26 Grand Sport Coupe ini memiliki sejarah kepemilikan yang menarik. Pertama kali dikirim pada 11 Maret 1949 kepada Monsieur Ravoux, manajer umum Clovis Frères, sebuah perusahaan transportasi di Oyonnax, Prancis timur. Mobil ini saat itu berwarna krem dengan interior kulit biskuit dan oranye tua.

Setelah berpindah tangan beberapa kali, mobil ini menghilang dari peredaran pada tahun 1960-an dan ditemukan tersimpan di sebuah gedung dansa yang tidak terpakai bersama mobil Prancis lainnya. Baru pada tahun 1968 atau 1969, mobil ini dibeli oleh kolektor Swiss bernama Jean Tua.

Tua merawat mobil ini selama hampir 30 tahun, termasuk melakukan perbaikan dan pengecatan ulang bodi. Mobil ini sempat dipamerkan di koleksi pribadinya pada 1990-an dan dilelang di Sotheby's Jenewa pada 1997.

9

Kolektor Austria, Egon Zweimüller, kemudian membelinya dan mengecat ulang dengan warna silver grey metallic, namun mempertahankan interior aslinya. Ia sempat memamerkan mobil ini di Bagatelle Concours d’Elegance pada 1998.

Pemilik terakhir membelinya pada 1999 dan merawatnya selama lebih dari 25 tahun. Kini, mobil ini menjadi kesempatan langka bagi pecinta mobil Prancis untuk memiliki kendaraan menawan dengan sejarah kepemilikan yang luar biasa.

Desain Unik Buatan Barou

7

Talbot-Lago T26 Grand Sport Coupe ini diyakini sebagai satu-satunya yang memiliki body custom buatan Barou. Bodi bergaya coupe yang elegan namun tidak berlebihan ini dipengaruhi oleh desain Jaguar XK 120 tahun 1948 dan mobil balap BMW tahun 1930-an, terutama terlihat pada grill radiator vertikal yang khas. Sementara, bagian belakang mobil ini diduga terinspirasi dari Sindelfingen’s 540K Spezial Roadster.

5

Meskipun telah berpindah tangan beberapa kali, mobil ini dalam kondisi istimewa. Mesin, gearbox, dan gardan belakangnya masih asli sesuai nomor seri. Mobil ini juga telah menjalani servis sebelum dilelang, dengan sistem bahan bakar dan rem diperbaiki dan dibersihkan agar berfungsi dengan baik.