BMW M3 E30 Sport Evolution 1990 Langka Dilelang, Mesin Gahar dan Bodi Mulus!
BMW M3 E30 Sport Evolution 1990. (Dok. Bring a Trailer)

Bagikan:

JAKARTA - Satu unit BMW M3 E30 Sport Evolution langka dari tahun 1990 tengah dilelang di situs online Bring a Trailer. Mobil ini merupakan salah satu dari hanya 600 unit yang diproduksi antara Desember 1989 dan Maret 1990.

BMW M3 Evolution sendiri diperkenalkan sebagai model homologasi edisi terbatas yang dimulai pada tahun 1987. Versi Sport Evolution kemudian diproduksi khusus untuk tahun 1990. Dibandingkan dengan M3 Evolution, Sport Evolution ini memiliki tenaga yang lebih besar, tangki bahan bakar yang lebih kecil, dan bodywork yang direvisi termasuk spoiler depan dan belakang dengan ekstensi yang dapat disesuaikan, saluran pendingin rem yang menggantikan lampu kabut, serta bilah grill yang diprofilkan ulang.

4

Dilansir dari laman lelang, 29 April, BMW M3 E30 Sport Evolution yang dilelang ini dicat ulang dengan warna Jet Black oleh Enthusiast Auto Group pada tahun 2018. Mobil ini juga dilengkapi dengan pelek anyaman basketweave 16 inci berwarna abu-abu yang dipasang dengan ban Dunlop 225/45.

Suspensinya menggunakan MacPherson strut/semi-trailing arm yang telah direvisi khusus untuk M3 dengan stabilizer bar belakang yang lebih tebal serta per yang lebih pendek dan lebih kaku. Pengereman menggunakan rem cakram di keempat roda.

3

Masuk ke bagian interior, pengemudi dan penumpang depan akan disuguhkan dengan jok Recaro yang dapat diatur secara manual serta jok belakang berlapis kulit Nappa berwarna hitam.

Selain itu, tersedia juga sabuk pengaman berwarna merah, sunroof, komputer on-board, stereo Blaupunkt AM/FM/cassette, AC, cruise control, serta power window, mirror, dan kunci.

4

Untuk dapur pacunya, BMW M3 E30 Sport Evolution ini menggunakan mesin 2.5 liter S14B25 inline-four yang bertenaga 238 hp dengan torsi 240 Nm.

Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual Getrag 5-percepatan close-ratio dan limited-slip differential yang mengirimkan tenaga ke roda belakang.

4

Nah, ternyata cukup banyak yang menyadari berbagai kelebihan dari mobil yang dilelang ini. Pada saat berita ini ditulis penawar tertinggi berada di angka 135.000 dolar AS (sekitar Rp2,2 miliar) dan lelang masih akan ditutup 8 hari lagi. Jadi diperkirakan mobil ini bisa terjual jauh di atas harga penawar saat ini.