Hampir 50 Tahun Ahli Bedah di Inggris Memarkir Mobil Bugatti Langka
Bugatti Type 57S Atalante Coupe - Wikimedia Commons

Bagikan:

JAKARTA - Pada 2 Januari 2009, media Inggris melaporkan Bugatti Type 57S Atalante Coupe 1937 langka ditemukan di garasi seorang dokter Inggris. Sebulan kemudian, pada 7 Februari, mobil itu dijual di lelang Paris seharga sekitar 4,4 juta dolar AS.

Mengutip History, Sabtu 2 Januari, mobil hitam dengan dua tempat duduk ini merupakan satu dari 17 mobil 57S Atalante Coupes yang pernah dibuat oleh Bugatti.

Mobil ini dimiliki oleh ahli bedah ortopedi Inggris bernama Harold Carr sejak 1955. Carr membeli mobil ini dari Earl Howe, seorang pembalap mobil ternama asal Inggris. 

Carr, yang meninggal pada 2007, memarkir kendaraan sport langka ini di garasinya sejak awal 1960-an dan tidak pernah mengemudikannya dalam lima dekade. Mobil itu dibuat pada Mei 1937.

Karena perlengkapan aslinya masih utuh, mobil langka ini dapat direstorasi tanpa mengandalkan suku cadang pengganti. Mobil langka ini semakin berharga karena pemilik pertamanya adalah Earl Howe juga merupakan presiden pertama Klub Pembalap Inggris dan pemenang balapan Le Mans 24 Jam.

"Ia memiliki semua atribut terbaik yang bisa dicari oleh kolektor ahli mana pun, di salah satu mobil sport jalanan terbaik dari era keemasan tahun 1930-an," kata James Knight, kepala departemen otomotif internasional di Bonhams.

Knight dan sejumlah kecil penggemar Bugatti tahu tentang kepemilikan yang paling dibanggakan oleh Carr, tetapi tidak mengetahui delapan kerabat yang mewarisi warisan Carr.

Ahli bedah ortopedi yang meninggal pada usia 89 tahun itu digambarkan oleh kerabatnya sebagai penimbun eksentrik yang tidak pernah membuang apa pun. Ia juga meninggalkan sebuah Aston Martin yang telah dijual dan sebuah mobil sport Jaguar yang dibongkar karena kondisinya yang memprihatinkan.

Saat dibuat, 57S Atalante Coupe mampu mencapai kecepatan lebih dari 120 mil per jam pada saat rata-rata mobil tidak dapat melaju lebih dari 50 mil per jam. Mobil itu juga terkenal karena rangka rendah dan radiator berbentuk V. Pada saat pelelangan, mobil Carr dikatakan dalam kondisi baik dan memiliki odometer 26.284 mil.

Perusahaan mobil Bugatti didirikan pada 1909 oleh Ettore Bugatti (1881-1947) kelahiran Italia (1881-1947) di Molsheim, Prancis. Bugatti dikenal karena memproduksi mobil sport dan mobil balap yang mahal dan mutakhir. Sejak didirikan hingga 1940-an, perusahaan tersebut membuat kurang dari 8.000 mobil. 

Setelah kematian Ettore Bugatti pada 1947, perusahaan mengalami kemunduran dan berpindah tangan beberapa kali. Pada 1998, Volkswagen membeli hak untuk membuat mobil dengan nama Bugatti. Pada 2009, perusahaan memperkenalkan Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport, mobil sport convertible yang mampu melaju dengan kecepatan sekitar 253 mil per jam dan dibandrol dengan harga lebih dari 2 juta dolar AS. Veyron dapat mencapai 60 mph dalam waktu kurang dari 2,5 detik.