Satu-satunya TVR Cerbera Speed 12 versi Jalan Raya akan Dilelang
TVR Cerbera Speed 12 (sumber : Silverstone Auctions/Bagus)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil sport asal Britania Raya, TVR memang terkenal melahirkan mobil yang ikonik dengan tipe coupe ataupun roadster. Salah satu mobil ikonik yang pernah dibuat oleh TVR ialah Cerbera Speed 12.

Baru-baru ini, salah satu rumah lelang asal Inggris, Silverstone Auctions akan melakukan pelelangan pada TVR Cerbera Speed 12 yang akan dilakukan 20 Mei mendatang.

Dikutip dari Motor1, Jumat, 24 Maret 2023, mobil yang akan dilelang memiliki sayap belakang yang tinggi serta desain bumper yang membuat mobil ini terlihat panjang. Jika kap mesin belakang dibuka, maka akan memperlihatkan mesin V12 Cerbera Speed 12 tersebut. Diffuser bagian bawah membuatnya seperti mobil balap sungguhan, walaupun mobil tersebut disebut legal untuk untuk jalan raya.

Pada bagian kabin, terdapat dua kursi serat karbon. Seperti halnya mobil balap, Cerbera Speed 12 dilengkapi roll cage. Instrumen lainnya yang ditampilkan ialah tachometer analog serta tampilan digital di bawahnya.

Model Cerbera pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 sebagai sports coupe dengan 2+2 tempat duduk. Mobil tersebut digandrungi mesin V8.

Kemudian, TVR mulai mengembangkan Cerbera untuk variasi tertingginya, yakni Cerbera Speed 12 dengan dibekali mesin V12 7,7 liter yang dapat mengeluarkan tenaga dahsyat 800 dk. TVR mengklaim bahwa Cerbera Speed 12 memiliki top speed lebih tinggi dibandingkan McLaren F1, yaitu 386 km/jam.

Mobil ini juga pernah diikutkan dalam ajang balap kelas GT1 pada tahun 1998. Mengikuti kompetisi balap British GT, walaupun hanya beberapa balapan. Lalu Cerbera Speed 12, diikutsertakan dalam kelas GT2 pada tahun 2000.

TVR juga membuat Cerbera Speed 12 versi jalan raya, namun program tersebut dibatalkan. Pada tahun 2003, pabrikan memutuskan untuk membuat satu unit. Mobil inilah yang nantinya akan dilelang.