Bagikan:

JAKARTA - Pecinta mobil klasik dengan kantong tebal bisa merapat. Sebuah kesempatan langka untuk memiliki mobil impian kini hadir. Porsche 911 Turbo M505 Flatnose 1989, sedan sport legendaris dengan jarak tempuh super rendah, akan segera ditawarkan balai lelang RM Sotheby’s pada 1 Juni 2024.

Mundur ke belakang, Porsche 911 Turbo generasi pertama, yang dikenal secara internal sebagai tipe 930, langsung menjadi ikon performa dunia sejak diluncurkan pada tahun 1975. Dengan desain fender melebar dan spoiler belakang bergaya "whale tail", mobil ini tak hanya tampil gahar, namun juga langsung dikenali sebagai keluarga Porsche 911.

Lahir dari permintaan khusus

6

Sementara, dilansir laman RM Sotheby’s, Jumat, 26 April, mobil yang dilelang ini diawali pada tahun 1982, ketika sponsor balap Porsche meminta program Exclusive Manufaktur (kadang disebut "Sonderwunsch" atau "Special Wishes") untuk menciptakan mobil jalanan unik yang menyerupai mobil balap Porsche 935 yang mendominasi lintasan.

Hasilnya adalah bodywork yang sangat mirip dengan 935 yang aerodinamis. Mobil ini memiliki sepatbor depan berbahan baja berlubang yang rata dengan kap mesin dan dilengkapi lampu depan yang dapat dibuka-tutup. Roket panel dibuat kotak dan memanjang untuk memenuhi panel seperempat belakang yang melebar, yang berisi ventilasi pendingin rem dengan side strake dan kipas elektrik untuk pendinginan oli tambahan. Dan pelek dan ban yang lebih lebar dipasang di kedua ujungnya.

Mahal dan eksklusif

5

Tak butuh waktu lama, permintaan dari konsumen untuk Porsche 935 "Flat-Nose" yang terinspirasi pun membanjiri Porsche. Tak heran, mobil ini pada umumnya hanya dipesan oleh kalangan pelanggan terkaya, dan kerap dilengkapi dengan banyak tambhan peningkatan pabrik.

Pada tahun 1987, Porsche akhirnya memasukkan paket Flat-Nose Amerika Utara, yang dikenal sebagai M505, ke katalog pabrik. Sebanyak 142 unit coupe diproduksi untuk pasar Amerika Serikat pada tahun model tersebut.

Salah satu yang terlangka

4

Menurut buku "Porsche 911 Turbo: Air-Cooled Years 1975–1988", mobil yang akan dilelang ini adalah salah satu dari 62 unit Turbo Coupe yang dilengkapi dengan paket M505 Flat-Nose—atau "Flachbau"—dengan mesin tipe 930.68, yang dikirim dalam keadaan baru ke Amerika Utara untuk model tahun 1989.

Mobil ini memiliki warna eksterior Grand Prix White dengan interior kulit parsial Velvet Red dan Black, dilengkapi dengan sunroof elektrik, limited-slip differential, Blaupunkt Reno stereo dengan amplifier tambahan, dan tuas perpindahan gigi yang lebih pendek.

Dengan jarak tempuh hanya 895 miles (sekitar 1.440 km) pada saat katalog dibuat, mobil ini terawat dengan sangat baik dan kemungkinan menjadi salah satu Flat-Nose dengan jarak tempuh terendah yang ada.

Para pecinta Porsche diperkirakan akan bersaing ketat untuk mendapatkan mobil istimewa ini, tak heran RM Sotheby’s memperkirakan harga lelangnya akan berkisar 250 ribu-300 ribu dolar AS atau setara Rp4 miliar-Rp4,8 miliar.