Bagikan:

JAKARTA - Suzuki telah meluncurkan Swift generasi terbaru untuk pasar India beberapa waktu lalu. Namun, pabrikan dari Jepang ini berencana untuk menambah jajaran model hatchback tersebut.

Menurut laporan Gaadiwaadi, Senin, 20 Mei, perusahaan berencana untuk meluncurkan versi Compressed Natural Gas (CNG) dalam beberapa bulan mendatang.

Dari segi desain, varian CNG tidak memiliki perbedaan dengan tipe lainnya seperti tampilan lebih sporty dan khas dengan pencahayaan LED di depan serta grill hitam glossy ditemani dengan pelek two-tone 15 inci.

Bagian dapur pacu juga tidak memiliki perubahan, yakni dengan mesin Z-series terbaru berkapasitas 1.197 cc yang memiliki tenaga mencapai 82 ps pada 5.700 rpm dan torsi puncak 112 Nm pada 4.300 rpm.

Dengan opsi CNG, diperkirakan angka keluaran powertrainnya akan berkurang dibandingkan versi lainnya. Kemungkinan, pabrikan berlogo “S” ini menyediakannya hanya dengan transmisi manual.

Mobil ini juga diklaim memiliki efisiensi bahan bakar hingga 32 km/kg. Sementara itu, versi bensinnya memiliki konsumsi BBM hingga 24,8 km/liter untuk manual dan 25,75 km/liter pada transmisi otomatis.

Sayangnya, Suzuki tidak memberikan informasi harga untuk Swift generasi keempat ini. Sebagai gambaran, versi bensinnya ditawarkan mulai dari 649.000 rupee (setara Rp124,6 jutaan) hingga yang termahal mencapai 964.500 rupee (sekitar Rp185,2 jutaan).

Begitu diluncurkan, Swift CNG terbaru ini akan menjadi pesaing dari Hyundai Grand i10 Nios yang dapat menyuguhkan tenaga 66 dk dan torsi 95,2 Nm digabungkan dengan transmisi manual lima percepatan.