Bagikan:

JAKARTA - Suzuki Swift generasi terbaru telah meluncur di India dengan membawa banyak perubahan, mulai dari desain terbaru hingga penambahan fitur terkini di dalamnya.

“Sejak diluncurkan pada tahun 2005, merek Swift telah menjadi simbol keunggulan dalam lanskap otomotif India. Ini memelopori dinamisme di segmen hatchback premium dan merebut hati jutaan pelanggan,” kata Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited Hisashi Takeuchi, dalam laman resmi perusahaan, Senin, 13 Mei.

Hatchback generasi keempat ini hadir dengan desain sporty dan dinamis dengan pabrikan mempertahankan siluetnya yang khas, namun dibekali dengan pencahayaan LED di bagian depannya.

8

Mobil tersebut berpotensi menarik perhatian kalangan muda berkat grill hitam glossy yang mencolok serta pelek two-tone berukuran 15 inci dengan meninggalkan kesan sporty dan atletis.

9

Berpindah ke bagian kabin, mobil ini memiliki dasbor yang berorientasi pada pengemudi dengan kemiringan 8 derajat sehingga menciptakan keselarasan antara pengemudi dan mobil. Selain itu, mobil tersebut memiliki setir kemudi flat-bottom yang kekinian.

Kemudian, sistem infotainmennya dilengkapi dengan Smartplay Pro+ 9 inci, port USB type A & C untuk pengisian daya cepat, ventilasi AC belakang, hingga keyless entry yang memudahkan pengemudi.

Suzuki Swift tersebut dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif dan pasif, meliputi 6-airbag, Electronic Stability Program+ (ESP), Hill Hold Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist.

5

Berbeda dengan sebelumnya, Swift terbaru dibekali dengan mesin Z-series terbaru yang tidak hanya dirancang untuk kesenangan berkendara melainkan juga untuk mobilitas berkelanjutan. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.197 cc yang diklaim dapat menawarkan emisi rendah dan dapat memompa tenaga hingga 81,58 ps pada 5.700 rpm dan torsi puncak 111,7 Nm pada 4.300 rpm.

Selain itu, bagian internal dilengkapi dengan water pump sebagai pendinginan mesin serta sensor air-flow Lambda yang dapat menurunkan emisi CO2 hingga 12 persen. Pabrikan mengeklaim, sistem ini memiliki efisiensi BBM hingga 25,75 km/l.

Untuk pasar India, Suzuki Swift terbaru ditawarkan dengan warna Sizzling Red, Pearl Arctic White, Magma Grey, serta Splendid Silver. Tidak hanya itu, pabrikan berlogo “S” ini juga tawarkan tiga skema warna dual-tone, terdiri dari Luster Blue with Midnight Black Roof, Sizzling Red with Midnight Black Roof, dan Pearl Arctic White with Midnight Black Roof.

Suzuki Swift ini ditawarkan dengan harga mulai dari 649.000 rupee (setara Rp124,6 jutaan) hingga yang termahal mencapai 964.500 rupee (sekitar Rp185,2 jutaan).