Diperkenalkan Tahun Lalu, Suzuki Swift Terbaru Mulai Dijual di India  Mei Mendatang
Penampakan All-new Suzuki Swift (sumber: Autocar India)

Bagikan:

 

JAKARTA - Diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Oktober tahun lalu, Suzuki Swift generasi terbaru akan tiba di pasar India dalam waktu dekat.

Dilansir Autocar India, Rabu, 17 April, Suzuki mengonfirmasi akan menjual hatchback tersebut mulai bulan Mei mendatang, diikuti oleh peluncuran all-new Dzire sebagai sedan kompak pada akhir tahun ini.

Mobil ini akan hadir berbeda dibandingkan dengan sebelumnya, salah satu ubahannya ialah terdapat warna hitam pada pilar C seperti halnya Hyundai i20. Selain itu, kamera mundur akan ditempatkan pada tutup bagasi.

Dikabarkan juga varian teratas akan mendapat lampu sepenuhnya LED. Bumper depan dan belakang akan terlihat berbeda dibandingkan dengan spesifikasi globalnya. Swift akan dihiasi oleh pelek yang sama seperti versi global, namun trim menengah akan mendapatkan pola yang unik.

Dari sisi jantung pacu, pabrikan belogo ‘S’ ini akan membekali Swift dengan mesin Z Series 1,2 liter 3-silinder yang telah diperkenalkan pada spesifikasi Jepang tahun lalu. Menurut perusahaan, mesinnya akan memfokuskan pada pengurangan emisi, efisiensi BBM, dan tenaga.

Kemungkinan mesin terbaru ini akan memproduksi tenaga hingga 90 dk dan torsi 113 Nm serta dibekali dengan sistem mild-hybrid. Meskipun informasinya terbatas, diperkirakan Swift akan menggunakan transmisi manual lima percepatan dan girboks AMT.

Ini merupakan langkah yang menarik dari Suzuki mengingat sejumlah pabrikan memutuskan untuk mematikan model hatchback seperti Ford dengan Fiesta dan VW dengan Polo karena ketentuan emisi yang lebih ketat serta memfokuskan pada model elektrifikasi sepenuhnya.