Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan motor listrik kecil asal Prancis DAB Motors baru saja meluncurkan produk perdana mereka, 1α. Dari segi desain, 1α yang sepenuhnya elektrik ini disebut DAB Motors terinspirasi dari dunia video game. Tombol-tombolnya dibuat menyerupai tombol pada controller game, khususnya tombol "Nitro" yang terinspirasi dari game Need for Speed era 2000-an.

6

Namun yang menjadi pembahasan motor yang legal untuk pengendara dengan lisensi pelajar di Eropa ini adalah harganya yang lumayan fantastis per unitnya dibanderol 14.900 euro (sekitar Rp258  juta).

Kenapa mahal? Melansir MCN, 13 Mei,  1α (α dibaca Alpha, huruf pertama alphabet Yunani) menawarkan eksklusifitas di mana diproduksi terbatas hanya 400 unit saja, juga lengkap dengan ornamen emas termasuk plakat bernomor emas di setang dan sertifikat keaslian.

7

Harga premium tersebut juga dibarengi dengan beberapa fitur menarik. Para pembeli mendapatkan rem Brembo depan dan belakang, opsi pengisi daya ponsel nirkabel dari Quad Lock, suspensi Paioli dengan suspensi depan berlapis emas, jok berlapis Alcantara, kotak sarung tangan 3.4 liter, dan beberapa bagian berbahan karbon.

4

Anehnya, meski harganya mahal, DAB justru tidak menyematkan layar TFT pada motor ini. Sebagai gantinya, mereka menggunakan panel LCD 2.8 inci yang sederhana.

Performa 1α setara dengan motor bermesin 125cc dalam hal tenaga, dengan output 14,7 hp (11kw). 

Namun menariknya, meski menyasar pemula, tapi ada tombol "Nitro" di setang yang bukan ciri motor pemula di mana memberikan tenaga lebih sebesar 35 hp. Dengan tenaga tersebut, motor seberat 125 kg ini diklaim bisa melaju hingga kecepatan 128 km/jam.

Selain performa, motor ini juga dibekali baterai berkapasitas 7,1 kWh yang mampu menempuh jarak 150 km dan bisa dilepas dan diisi daya menggunakan colokan listrik rumah tangga standar atau pengisi daya Tipe 2.

Tak ketinggalan, tersedia lima mode berkendara yang bisa dipilih: eco, standar, sport, turbo, dan fungsi mundur.