Bagikan:

JAKARTA - Lamborghini, merek otomotif dari Italia, secara resmi meluncurkan Urus SE sebagai SUV berperforma tinggi didukung teknologi plug-in hybrid (PHEV). Mobil ini diungkap dalam acara Volkswagen Group Media Night menjelang hari pertama Beijing Auto Show 2024.

Mobil ini mengusung desain lebih baru dari Urus lainnya, aerodinamika yang dioptimalkan, teknologi lebih canggih, serta tawarkan sistem PHEV yang menekankan sisi efisiensi, performa, pengurangan emisi, serta kesenangan berkendara.

5

“Dengan Urus SE, kami telah mengambil langkah lain menuju masa depan sejalan dengan strategi Direzione Cor Tauri kami, bergerak maju dengan elektrifikasi jajaran produk dan jalur menuju dekarbonisasi yang dimulai dengan diperkenalkannya mobil super sport Revuelto pada bulan Maret 2023,” kata CEO Lamborghini Stephan Winkelmann, dikutip dari laman resmi merek, Kamis, 25 April.

Pabrikan berlogo “banteng mengamuk” ini menciptakan Urus SE dengan badan yang sport dan kekar, menampilkan kap baru dengan desain mengambang sehingga menonjolkan kesan atletik pada SUV tersebut.

Elemen baru lainnya termasuk cluster lampu depan yang menampilkan teknologi LED matriks, memperkenalkan ciri khas lampu baru yang terinspirasi oleh ekor banteng merek Lamborghini, serta bumper dan grill depan yang didesain ulang.

5

Di bagian belakangnya, terdapat kluster lampu berpola “Y” yang ikonis dan diselaraskan dengan diffuser belakang asli terbaru. Efisiensi aerodinamis juga ditingkatkan dengan ventilasi udara baru di bawah bodi mobil dan saluran udara yang diperbarui, yang menyalurkan lebih banyak aliran udara untuk mendinginkan komponen mekanis dan mesin

Selain desain yang agresif, Urus SE didukung oleh pelek 23 inci Galanthus alloy yang diselimuti oleh ban Pirelli P Zero, menawarkan pengendalian yang andal dalam berkendara.

2

Di bagian dalam, Lamborghini melakukan peningkatan dengan menonjolkan nuansa “seperti pilot” seperti Revuelto. Dibekali dengan layar 12,3 inci, Urus SE memiliki teknologi Human Machine Interface (HMI) yang lebih canggih, intuitif, dan grafis lebih baik.

Dari segi performa, SUV tersebut dibekali dengan mesin V9 4,0 liter 456 kW dan torsi 800 Nm dikombinasikan dengan motor listrik 141 kW dan torsi 483 Nm, sehingga menghasilkan total tenaga hingga 588 kW dan torsi 950 Nm digabungkan dengan transmisi delapan percepatan otomatis.

Dengan demikian, Urus SE tawarkan salah satu performa terbaik di kelasnya dengan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik dan dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 312 km/jam, lebih cepat dari Urus S dengan 305 km/jam.

Dengan mengusung sistem PHEV, SUV tersebut miliki baterai berkapasitas 25,9 kWh yang dapat membuat mobil ini berjalan dengan daya listrik murni hingga 60 km.

Selain itu, Lamborghini menawarkan sebelas mode berkendara dalam Urus SE yang dapat menyesuaikan kebutuhan berkendara untuk para penggunanya, terdiri dari Strada, Sport, Corsa, Neve, Sabia, Terra, EV Drive, Hybrid, Performance, dan Recharge.