Toyota Berencana Rilis GR Crown, Segini Perkiraan Performanya
Pada Desember 2023, Toyota mulai memasarkan Crown PHEV di Jepang. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota telah memperkenalkan model Crown terbaru untuk beberapa pasar dengan tipe yang bervariasi, termasuk Signia di AS dan Crown Sport untuk negara Jepang. Meskipun jajaran seri tersebut sudah diperluas, tidak mengendurkan ambisi perusahaan untuk menawarkan lebih banyak versi.

Menurut laporan media Jepang, Best Car, Selasa, 30 Januari, dirumorkan bahwa model ini akan mendapatkan varian berperforma tinggi dengan sentuhan motorsport dari divisi Gazoo Racing (GR).

Meskipun masih belum diketahui apakah trim yang dimaksud ialah GR Sport atau GR yang akan disematkan di depan nama mobil, pabrikan saat ini mempersiapkan Crown dengan desain yang lebih sporty dari sebelumnya.

Sayangnya, ini semua hanya spekulasi sehingga informasi mengenai model ini sangat terbatas. Bila mobil ini mengusung nama ‘GR Crown’, maka crossover tersebut mendapat penyetelan suspensi lebih rendah dengan menampilkan satu set pelek terbaru dengan bodykit agresif.

Dengan demikian, mobil dengan paras mewah ini akan mendapatkan bumper depan dan belakang lebih menonjol dihiasi intake yang membantu sisi aerodinamika, seperti GR Yaris atau GR Corolla. Perombakan sporty ini secara efektif dapat mengubah Crown dari crossover menjadi sedan bergaya fastback yang lebih ramping.

Untuk bagian dalam, desain Toyota akan menawarkan kesan gelap dengan jahitan berwarna merah yang kontras, menunjukkan sisi agresivitas lainnya dari model ini. Kemudian, kursi depan akan mendapat jok sporty dengan emblem GR yang menghiasi beberapa sisi kabin.

Peningkatan sentuhan khas GR juga dilakukan pada sektor kaki-kaki seperti suspensi maupun pengereman. Mobil ini nantinya akan menawarkan setir kemudi yang responsif, sehingga meningkatkan sensasi kesenangan dalam berkendara.

Untuk spesifikasi, diperkirakan model ini akan mengusung mesin bensin 2,4 liter turbocharged dan menghasilkan tenaga 296 dk. Karena mobil ini dimasukkan ke jajaran kendaraan rendah emisi, maka GR Crown akan mendapatkan motor listrik ganda, baterai, serta transmisi eCVT yang menawarkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Dengan beberapa komponen tersebut, maka bukan hal yang mengejutkan bila model tersebut dapat memperoleh tenaga gabungan hingga 375 dk dan menjadikannya sebagai Crown paling bertenaga, setelah Crown Crossover RS dengan daya mencapai 344 dk.

Toyota GR Crown dirumorkan akan muncul pada musim panas tahun ini, kemungkinan dibanderol seharga 7,5 juta yen atau setara dengan Rp804,1 jutaan untuk pasar Jepang.

Terkait