Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan tuning dan modifikasi asal Australia, Powertune Australia, menciptakan kreativitas dengan meningkatkan performa Toyota GR Yaris.

Toyota GR Yaris standar memiliki mesin 1,6 liter 3-silinder yang bertenaga sebesar 268 dk. Untuk ukuran hot hatch yang dijual secara massal, angka tersebut terbilang cukup menarik. 

Dikutip dari CarBuzz, Senin, 29 Mei, perusahaan tuning yang bermarkas di New South Wales, Australia tersebut meningkatkan daya GR Yaris hingga 741 dk. Tenaga tersebut sebanding dengan supercar dari beberapa pabrikan terkenal, ambil contoh Aston Martin DB12.

Perusahaan tuning tersebut menyematkan intercooler yang berasal dari Plazmaman. Meskipun mereka tetap mempertahankan mesin 3-silinder, namun Powertune Australia menambahkan turbo Garrett G30-770 pada GR Yaris.

Untuk meningkatkan daya gedor dari mobil ini, Powertune memasang turbo exhaust manifold, intercooler piping, dan dump pipe dari Golebys Parts. ECU Plug-in MoTec Yaris juga merupakan bagian dari paket.

2

Kapasitas mesin juga ditingkatkan menjadi 2.200 cc dari Bosch menggantikan 1.600 cc standar. Yaris juga menerima pompa bahan bakar Elixir Brushless dan sistem pembuangan cat-back Akrapovic. 

Untuk meningkatkan performa serta laju mobil, dipasangkan juga girboks transmisi enam percepatan sequential dari X-Shift dan dikawinkan dengan kopling ATS Triple Carbon.

Hasilnya, saat uji coba pada dyno run, Toyota GR Yaris dapat menyentuh angka 740,9 dk. Di mana untuk ukuran mobil bermesin 3-silinder jelas performanya jauh di atas rata-rata.

Untuk membuktikan kembali performanya, direncanakan mobil akan diuji coba pada trek drag dan bersaing dengan raja jalanan lainnya, seperti Nissan GT-R maupun Toyota GR Supra.

Sekedar informasi, Toyota GR Yaris tersebut dimiliki oleh Peter Freedman, salah satu orang terkaya di Australia yang memiliki perusahaan microphone terbesar, RODE.