Dokumen Internal Bocor, Xpeng Bakal Luncurkan SUV untuk Kalahkan Cadillac Escalade?
Ilustrasi mobil baru Xpeng. (Dok. Carnewschina)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar terbaru dari pabrikan asal China, Xpeng, mengindikasikan persiapan peluncuran produk baru, sebagaimana terungkap dalam dokumen internal yang bocor. Dokumen tersebut mengungkap bahwa Xpeng tengah menggarap model andalan yang memiliki panjang 5,5 meter.

Xpeng, yang sudah dikenal sebagai produsen yang sukses dengan enam model, termasuk sedan P5 dan P7i, crossover G3i, G6 dan G9, serta MPV X9, mencatatkan penjualan kumulatif di Tiongkok sebanyak 121.486 unit pada tahun 2023. SUV fastback G6, yang berdiri di atas arsitektur SEPA 2.0, menjadi model terlaris.

Dilansir Carnewschina, Kamis, 14 Desember, meningkatnya permintaan untuk SUV kelas atas diduga menjadi salah satu faktor pendorong Xpeng untuk merilis model tersebut.

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa Xpeng akan memproduksi model rahasia ini di pabriknya di Guangzhou. Dimensi pasti dari kendaraan misterius ini terungkap, dengan panjang mencapai 5.450 mm, lebar 2.300 mm, dan tinggi 2.050 mm. Untuk perbandingan, dimensi ini membuatnya lebih panjang 68 mm, lebih lebar 241 mm, dan lebih tinggi 102 mm dibandingkan dengan Cadillac Escalade.

Meskipun jenis bodi kendaraan tersebut tidak diungkapkan dalam dokumen, terdapat tiga kemungkinan model yang mungkin diluncurkan. Pertama, sebuah SUV, yang memang menjadi tren di kalangan produsen mobil asal China, dengan contoh seperti BYD YangWang U8 dan Dongfeng M-Hero 917. Xpeng mungkin akan ikut serta dengan model SUV andalannya.

Opsi kedua bisa menjadi model MPV besar berbasis X9 yang baru-baru ini diperkenalkan. Opsi ketiga adalah opsi yang paling menarik, yaitu kemungkinan mobil terbang modular Xpeng yang diperkenalkan pada bulan Oktober tahun ini. Namun, kemungkinan ini tampaknya kurang mungkin, karena model tersebut dijadwalkan untuk dirakit di pabrik Guangzhou dengan volume produksi tahunan sekitar 10.000 unit.