Bagikan:

JAKARTA - Setelah model pertamanya terungkap pada bulan lalu, rangkaian mobil ramah lingkungan Xiaomi mulai terungkap bahkan dikabarkan akan hadir versi hybrid.

Dikutip dari laman Cnevpost, Selasa, 5 Desember, seperti diketahui model pertama mobil listrik Xiaomi yang akan hadir di tahun depan yaitu SU7 atau kode internal Modenat.

Sementara itu menurut laporan media lokal AutoPix, perusahaan ternama ini sangat ambisius dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, dan model kedua dari Xiaomi secara internal diberi nama kode Lemang, dan model ketiga adalah Kunlun.

Laporan media sebelumnya menyatakan bahwa model ketiga Xiaomi akan menampilkan teknologi jarak jauh, meskipun sumber yang dekat dengan tim R&D perusahaan mengatakan bahwa pada bulan November, Kunlun masih dalam proses peralihan dari desain konseptual (E1) ke desain detail.

Namun masih menjadi misteri apakah kendaraan ketiga dari Xiaomi akan menjadi model hibrida plug-in (PHEV), atau kendaraan listrik jarak jauh (EREV). Terlepas dari apakah Kunlun nantinya akan menjadi PHEV biasa atau EREV, strategi menjadikan model hybrid sebagai produk ketiga lebih merupakan langkah praktis Xiaomi untuk mendongkrak penjualan lebih cepat.

Melihat kondisi pasar China periode Januari sampai Oktober berjumlah 5,96 juta unit, China telah mendapat lonjakan penjualan ritel kendaraan energi baru (NEV), termasuk BEV, hybrid, dan model sel bahan bakar.

Dalam sepuluh bulan pertama tahun ini, penjualan mencapai 5,96 juta unit, meningkat 35 persen dibandingkan tahun lalu. BEV sendiri berjumlah 4,0 juta unit, dengan penjualan kendaraan hybrid melonjak sebesar 83 persen menjadi 1,96 juta unit.

Tingkat pertumbuhan yang mengesankan ini menempatkan kendaraan hybrid, sebagai pesaing tangguh terhadap kendaraan berbasis bahan bakar konvensional.