Bagikan:

JAKARTA - Diluncurkan secara global pada Juni lalu, Volvo EX30, kini resmi hadir di Thailand sebagai opsi kendaraan mewah berkelanjutan yang ramah lingkungan dan terjangkau.

Mobil ini diimpor (CBU) dari China dan untuk pasar Thailand tersedia dalam tiga varian yang berbeda: Core Single Motor Extended Range, Ultra Single Motor Extended Range, dan Ultra Twin Motor Performance.

Sayangnya, mobil ini tidak akan segera tersedia untuk pelanggan di Thailand. Menurut laporan dari Headlightmag, Kamis, 7 September, Volvo baru bisa mengirimkan EX30 kepada pelanggan mereka pada bulan Februari tahun depan.

4

Volvo EX30 memiliki dimensi yang kompak, dengan panjang 4.223 mm, lebar 1.937 mm, tinggi 1.555 mm, dan wheelbase 2.650 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan pelek alloy 18 inci, lampu depan LED, sistem kontrol iklim satu zona, bangku depan yang dapat diatur, dan layar tengah 12,3 inci yang mengendalikan berbagai fungsi. Sistem infotainmentnya juga mendukung koneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Varian Single Motor Extended Range dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan yang meningkatkan kenyamanan, seperti sistem audio Harman Kardon, pencahayaan ambient, kamera 360 derajat, Lane Change Alert, dan atap panoramik.

5

Dua varian pertama, yaitu Core dan Ultra Single Motor Extended Range, menggunakan baterai NMC yang berisi lithium, nikel, mangan, dan kobalt. Baterai ini lebih efisien daripada varian LFP. Varian dengan motor tunggal ini memiliki jangkauan hingga 480 km dalam sekali pengisian daya.

Kedua varian ini menggunakan motor tunggal dengan tenaga sebesar 268 dk dan torsi 343 Nm, memberikan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 5,3 detik, dengan kecepatan tertinggi mencapai 180 km/jam.

Sementara itu, varian Ultra Twin Motor Performance menggunakan dua motor listrik yang menghasilkan tenaga total 422 dk dan torsi maksimal 543 Nm. Hal ini memungkinkan EX30 untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,6 detik, dengan jarak tempuh hingga 460 km menurut siklus WLTP.

Harga ketiga varian tersebut berbeda. Varian Core dijual dengan harga awal sekitar 1,59 juta baht atau sekitar Rp686 juta. Varian Ultra Single Motor Extended Range dihargai sekitar 1,79 juta baht atau sekitar Rp772,5 juta, sementara varian tertinggi dibanderol hingga sekitar 1,89 juta baht atau sekitar Rp815,5 juta. Harga tersebut belum termasuk opsi tambahan yang mungkin ditawarkan oleh Volvo kepada pelanggan.