Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya Volkswagen yang meramaikan pameran Caravan Salon Dusseldorf, Jerman dengan mobil konsep VW T7 California justru Mercedes-Benz memilih pameran yang akan berlangsung hingga 3 September ini untuk meluncurkan pembaruan camper van Marco Polo terbaru mereka.

Diketahui, pertumbuhan segmen camper van cukup mengesankan sekitar 5% per tahun sejak 2017. Tahun lalu, menurut laporan Carbuzz, 27 Agustus, industri penyewaan camper van bernilai 403 juta dolar AS seluruh dunia. Angka ini bahkan tidak termasuk pembelian langsung.

Tren pertumbuhan yang mengesankan ini membuat sejumlah produsen turut meramaikannya namun sejalan tren elektrifikasi maka camper van yang dirilis adalah versi listrik.

Dalam pameran tersebut, Mercedes-Benz memperkenalkan V-Class dan T-Class Marco Polo. V-Class Marco Polo adalah yang paling mewah di antara keduanya, berdasarkan model V terbaru yang diperkenalkan sebulan yang lalu. Meskipun eksteriornya sudah cukup menarik, namun interiornya lebih mengesankan. Pengemudi dan penumpang akan mendapatkan semua fasilitas terbaru dari Mercedes-Benz, termasuk dua layar lebar 12.3 inci, versi terbaru dari MBUX, dan navigasi dengan augmented reality.

4
Interior V-Class.

Sebagai standar, kendaraan ini dilengkapi dengan atap pop-up dengan tempat tidur, kursi yang dapat diubah menjadi tempat tidur susun, meja lipat, dapur lengkap, dan lemari. Beberapa fungsi ini dapat dikendalikan melalui layar sentuh di bagian depan atau dari aplikasi smartphone khusus.

Mercedes juga memberi sistem pencahayaan ambient dengan 64 warna yang terletak di pintu geser bagian belakang. Mercedes juga menggunakan teknologi pengemudian terbaru mereka untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman. Suspensi udara Airmatic memiliki fungsi otomatis untuk menyeimbangkan kendaraan, sehingga parkir di permukaan yang tidak rata bukan lagi masalah.

Diketahui, V-Class Marco Polo generasi sebelumnya dijual sekitar 85.000 dolar AS atau sekitar Rp1,3 miliar dan yang baru ini jelas akan lebih mahal.

4
T-Class Marco Polo.

Sementara, dengan harga T-Class yang berada di sekitar 30.000 dolar AS atau Rp459 juta T-Class sengaja dibuat untuk versi camper van lebih terjangkau bagi masyarakat umum. T-Class merupakan camper van keluarga dengan desain yang unik yang diperkenalkan kepada masyarakat tahun lalu. Meskipun tidak memiliki sebanyak ruang seperti V-Class ukuran penuh, T-Class berisi berbagai fasilitas termasuk tempat tidur untuk dua orang, yang dapat dilengkapi dengan beberapa tambahan opsional seperti unit dapur, kotak pendingin, baterai tambahan, dan perlindungan terhadap serangga.

Mercedes-Benz belum mengumumkan pasar mana yang akan menerima V-Class Marco Polo atau T-Class dengan Modul Marco Polo.