Bagikan:

JAKARTA - Sejak lama mobil jenis camper van banyak peminat, sebab dianggap cukup efisien, praktis, dan aman digunakan untuk berliburan atau bepergian jauh.

Sejak Volkswagen pertama kali menghadirkan Transporter pada tahun 1949, kendaraan berjenis camper ini telah memiliki jutaan pengggemar fanatik di seluruh dunia. Transporter adalah camper van terlaris dalam sejarah dengan lebih dari 12 juta unit terjual di seluruh dunia.

Terbaru, Volkswagen memperkenalkan sebuah mobil konsep camper bernama California berbasis Transporter generasi ketujuh yang diluncurkan pada tahun 2022 lalu.

4

Berbeda dari versi sebelumnya, California baru ini memiliki dua pintu geser untuk fleksibilitas tambahan. Meskipun pintu kedua mengurangi ruang untuk bagian dapur, model baru ini masih mampu menyediakan lemari es, kompor, meja lipat, dan ruang penyimpanan dalam paket kecil.

Dalam laporan Top Gear via kanal Youtube mereka, 25 Agustus, menyebut California adalah kendaraan camper Volkswagen yang lebih sesuai kebutuhan dengan memiliki lebih banyak ruang atau memiliki ukuran yang lebih mudah dikelola.

Selain itu, dengan memiliki empat kursi, menjadikannya praktis untuk penggunaan sehari-hari. Kursi belakang dapat dilipat, berubah menjadi tempat tidur ganda kecil. Dengan penambahan atap pop-up, ada cukup ruang untuk tidur empat orang.

5

Volkswagen mempromosikan camper ini sebagai kendaraan dengan tiga ruang hidup. Selain dari interior van, ada layar matahari segitiga di sisi penumpang dan tersedia tenda di sisi pengemudi untuk memberikan ruang tambahan luar yang melindungi dari cuaca.

5

Pilihan mesin kemungkinan akan mencakup mesin bensin 1.5 dan 2.0 liter bersama dengan mesin diesel 2.0 liter, yang masih menjadi pilihan populer di Eropa.

Namun, ada juga opsi plug-in hybrid 1.4 liter yang menghasilkan tenaga 215 dk. Ini adalah camper PHEV pertama dan memiliki kemampuan untuk mengisi daya baterai dari sambungan listrik di tempat berkemah.

Dilansir dari Motor1, 26 Agustus, Camper T7 California baru-baru ini debut di Caravan Salon 2023 di Dusseldorf, Jerman. Namun Volkswagen belum menunjukkan niatnya untuk membawa camper California ke Amerika Serikat, tetapi diperkirakan akan tersedia di pasar Eropa pada tahun 2024.

Diketahui, VW keluar dari pasar van AS ketika mereka menghentikan penjualan Transporter pada tahun 2003, tetapi versi-versi lama masih populer dan digunakan sebagai kendaraan camper hingga saat ini.