Westfalia Kembali ke Amerika Utara dengan Van Ram ProMaster
 Ram ProMaster 2023. (Dok. Ramtrucks)

Bagikan:

JAKARTA- Setelah absen selama 20 tahun di pasar Amerika Utara, Westfalia bersiap untuk kembali dengan model terbarunya yang berbasis pada van Ram ProMaster yang akan diluncurkan pada 2024.

Westfalia, yang sebelumnya terkenal dengan konversi van VW, telah menciptakan subkultur gerakan van life dengan canver van yang ikonik. Namun, sejak Daimler mengakuisisi perusahaan konversi camper Westfalia-Werke, van VW berpop-up Westfalia menghilang dari pasar Amerika.

6
Westfalia dengan basis konversi van VW. (Dok. Westfalia)

Kini, pemilik saat ini, Groupe Rapido dari Prancis, telah memutuskan untuk menghidupkan kembali warisan ikonik ini dengan mendirikan Westfalia-Americas. Mereka berencana kembali ke pasar Amerika pada tahun 2024.

Meskipun Westfalia masih menawarkan versi camper dari van VW di Eropa, proses sertifikasi untuk regulasi AS akan mahal. Sebagai gantinya, Westfalia akan menggunakan van Ram ProMaster sebagai kandidat utama untuk menghadirkan kembali camper van ke Amerika Utara.

6

Dilansir dari Caranddriver, 27 September, Westfalia memiliki empat versi dari model Columbus mereka di Eropa, semuanya dibangun di atas platform Fiat yang mirip dengan Ram ProMaster. Model van kelas B Westfalia ini dapat menampung hingga enam orang dengan tiga tempat tidur lipat—termasuk tidur di bagian atas dengan atap yang dapat diangkat. Meskipun tidak sebesar RV lainnya, van ini menawarkan fleksibilitas dan ruang penyimpanan yang cukup.

Proses konversi akan dilakukan oleh Roadtrek di Ontario, Kanada, yang sudah berpengalaman dalam konversi camper pada rangkaian ProMaster 3500. Saat ini, jaringan dealer masih dalam tahap perencanaan awal.

Dengan kembalinya atap yang dapat diangkat yang menjadi ciri khasnya, Westfalia siap memikat kembali hati para penggemar van camper di Amerika Utara.