Bagikan:

JAKARTA - Mercedes-Benz, pabrikan kendaraan asal Jerman, memperkenalkan pembaruan menarik pada jajaran model van premiumnya untuk tahun 2024 mendatang.

Semua varian V-Class, termasuk V-Class Marco Polo, Vito, eVito, dan EQV, mendapatkan penyegaran yang mencakup perubahan dari eksterior hingga interior guna menghadapi persaingan di segmennya.

Kepala Penjualan dan Pemasaran Mercedes-Benz Vans, Klaus Rehkugler, menyatakan bahwa tujuan dari penyegaran ini adalah untuk menyajikan van menengah yang sesuai dengan keinginan para pelanggan.

"Dengan posisi mewah yang lebih matang pada EQV dan V-Class, serta karakter premium yang semakin tajam pada eVito dan Vito, kami berharap dapat lebih fokus pada wilayah dan industri dengan margin tinggi," ujar Rehkugler dalam keterangannya pada Kamis, 27 Juli.

Jajaran V-Class akan menampilkan sentuhan berkilau dengan sejumlah bintang berujung tiga pada bagian grill, mencerminkan kesan premium khas Mercedes-Benz. V-Class Marco Polo dan EQV akan mendapatkan grill dengan kontur LED yang menyala. Sementara itu, model V-Class Eksklusif lainnya akan diperindah dengan plat lambang Mercedes-Benz yang dipasang di kap mesin untuk pertama kalinya.

Lampu LED akan menjadi standar atau opsional pada bagian depan V-Class, dan lampu LED bagian belakang juga mengalami penyegaran dengan sentuhan lebih gelap. Pengguna bisa memilih trim krom khusus dengan tulisan Mercedes-Benz pada V-Class atau EQV.

Tersedia dalam lima pilihan warna terbaru, V-Class juga mengalami perubahan pada peleknya untuk mengoptimalkan aerodinamis, dengan ukuran 17, 18, dan 19 inci.

Di dalam kabin, jajaran V-Class mendapatkan sistem infotainment MBUX terbaru. Vito atau eVito akan dilengkapi dengan kluster instrumen berwarna berukuran 5,5 inci dan layar sentuh 10,25 inci. Sementara itu, model lainnya akan mendapatkan layar berukuran 12,3 inci.

Konsole tengah juga mengalami penyegaran untuk menampung tempat pengisi daya nirkabel sebagai opsional, serta menambah fitur-fitur terbaru seperti roda kemudi berpemanas, start tanpa kunci, pencahayaan dengan 64 warna yang berbeda, dan pencahayaan belakang redup untuk berkendara di malam hari.

Mercedes V-Class akan dilengkapi pintu geser sisi kiri sebagai standar, dan rem parkir elektrik disediakan untuk memudahkan pengguna saat berhenti. V-Class juga hadir dengan transmisi otomatis serta Active Brake Assist yang berfungsi di persimpangan.

Van ukuran sedang ini juga akan mendapatkan Parking Package berupa kamera 360 derajat dan asisten manuver trailer, cocok untuk kendaraan dengan halangan trailer dan transmisi otomatis.

Pembaruan pada V-Class untuk tahun 2024 ini menjadi tonggak awal bagi Mercedes-Benz sebelum memperkenalkan platform terbaru untuk van listrik, yakni Van Electric Architecture (VAN.EA) yang direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2026.