Omoda 5 EV Menjadi Langkah Awal Chery dalam Menghadirkan Kendaraan Listrik untuk Masa Depan
Chery Omoda 5 EV (Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 menjadi wadah bagi perusahaan otomotif dalam memamerkan serta memperkenalkan produk terbarunya yang memiliki teknologi terkini.

Sejalan dengan tema yang diusung GIIAS 2023, yakni "Future Now", beberapa pabrikan memamerkan kendaraan yang inovatif serta dapat memenuhi kebutuhan mobillitas dari para konsumen. Inilah yang dilakukan oleh Chery.

Merek kendaraan asal China tersebut memperkenalkan mobil listrik Omoda 5 EV sebagai langkah awal perusahaan dalam berinovasi dalam menghadirkan kebutuhan mobilitas yang ramah lingkungan untuk masa depan.

Presiden PT Chery Sales Indonesia (CSI) dan Wakil Presiden Chery International, Shawn Xu, mengatakan bahwa Omoda 5 EV tidak hanya menawaran teknologi mutakhir, melainkan juga mengutamakan keselamatan berkendara.

"Kami sangat gembira mempersembahkan OMODA 5 EV kepada konsumen Indonesia. Kendaraan listrik ini bukan hanya mengusung teknologi canggih, tetapi juga mencerminkan komitmen kami terhadap lingkungan dan keselamatan berkendara,” ujar Shawn di ICE BSD, Tangerang, Selasa, 15 Agustus.

Berbeda dengan versi bensin, Omoda 5 EV memiliki desain yang cukup berbeda. Lampu LED pada bagian depan dibuat memanjang seperti motif lampu dari Hyundai Stargazer dan hadir tanpa grill. Ini disertai tulisan "Omoda" pada bagian tengah lampu tersebut.

Memiliki perbedaan eksterior, Chery tidak mengubah signifikan desain interior Omoda 5 EV. Konsol tengah berukuran besar, tombol kontrol simpel, serta tidak adanya transmisi di dalamnya.

Dengan warna krem serta motif kayu pada bagian dasbor, kemudi, dan konsol tengah, menambah kesan mewah pada SUV listrik tersebut.

Untuk tenaga, Omoda 5 EV dibekali baterai dengan kapasitas 61 kWh dan memiliki tenaga sebesar 221 dk. Ini dapat membuat SUV tersebut melaju dari 0 sampai 100 km/jam dalam 7,8 detik.

Omoda 5 EV dapat menempuh jarak tempuh hingga 450 km dalam keadaan baterai terisi penuh. Sistem pengisian dayanya terbilang impresif. Memiliki teknologi fast charging, pengisian daya dari 0 hingga 80 persen hanya 25 menit.

Selama pergelaran GIIAS 2023, Chery Omoda 5 EV mendapat respon yang positif dari berbagai pihak dan PT CSI akan membuka penawaran untuk SUV tersebut. Mereka akan membuka pemesanan selama pameran berlangsung dengan biaya sebesar Rp10 juta.

Omoda 5 EV nantinya akan dikirimkan unitnya kepada para pelanggan yang dimulai pada awal 2024, namun akan menyesuaikan dengan antrian pemesanan.

Meskipun demikian, pabrikan asal China tersebut belum memberitahu perihal harga dari Omoda 5 EV. Sebagai pembanding, dua tipe Omoda 5 versi bensin, Z dan RZ dihargai Rp329 juta hingga Rp399 juta.