Bagikan:

JAKARTA - Di samping memperkenalkan berbagai mobil penumpang terbaru, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 juga menjadi panggung bagi merek kendaraan komersial untuk memperkenalkan model terkini mereka.

Salah satu peserta dalam acara otomotif terbesar di Asia Tenggara ini adalah Hino, yang turut memamerkan sejumlah varian bis dan kendaraan komersial di stan mereka.

Dua model terbaru dari Hino adalah Hino 300 Microbus 115 SDBL 4x4 dan Hino 500 - FM 280 JD R Mining Spec. Kedua kendaraan ini memiliki kemampuan khusus yang dapat membantu kegiatan komersial.

Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), menyatakan bahwa kedua kendaraan ini dihadirkan untuk menjadi solusi transportasi dengan truk dan bus berkualitas tinggi.

"Truk dan bus Hino dirancang dengan fokus pada keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi untuk mendukung perkembangan bisnis pelanggan kami," ujar Wardoyo dalam pernyataannya, Selasa, 15 Agustus.

Hino 300 Microbus 115 SDBL 4x4 hadir dengan konfigurasi 4x4, memberinya kemampuan traksi yang luar biasa untuk melewati berbagai kondisi jalan. Kendaraan ini dilengkapi dengan transfer shifting, transfer case, propeller shaft depan, dan differential untuk menghadapi medan berat dan menawarkan ketahanan yang kuat.

Sementara Hino 500 - FM 280 JD R Mining Spec memiliki kemampuan khusus dalam melakukan kegiatan pertambangan. Dilengkapi dengan retarder, yaitu sistem pengereman elektromagnetik khusus yang mampu menghentikan kendaraan saat melewati medan sulit, demi meningkatkan keselamatan selama kegiatan pertambangan.

Kendaraan ini memiliki performa tinggi, karena dirancang untuk kegiatan pertambangan. Hino 500 spesifikasi pertambangan ini menggunakan mesin standar Euro 4 tipe J08E-WD yang mampu menghasilkan tenaga hingga 276 dk.

Untuk mengoptimalkan kekuatan di lingkungan pertambangan, kendaraan ini dilengkapi dengan beberapa fitur, termasuk ES Start yang mencegah kendaraan mundur saat berada di tanjakan meskipun pedal rem dilepas. Kendaraan ini memiliki Gross Vehicle Weight hingga 26 ton.

Selama GIIAS 2023, HINO juga memamerkan empat kendaraan lainnya, seperti Hino 500 - FM 340 TH ABS Ultimate Safety, Hino 300 - 136 HD Pemadam Kebakaran dan Sky Lift, serta Hino Bus GB 150 AT dengan bodi Trans Jakarta.