Bagikan:

JAKARTA - Dual-Ghia 1957 adalah mobil langka diproduksi hanya 117 unit dalam versi coupe dan convertible oleh Dual Motors dari tahun 1956-1958. Diperkirakan hanya 60 unit mobil yang masih bertahan dalam kondisi baik saat ini.

Sedikit sejarahnya, ide mobil datang dari Virgil Exner dari Chrysler yang bekerja sama dengan Ghia, sebuah perusahaan otomotif berbasis di Turin, Italia. Awalnya ditujukan membangun beberapa konsep unik berdasarkan rangka Dodge.

Salah satu konsep yang dibuat adalah empat mobil konsep Dodge Fire Arrows yang dirancang dan dirakit sebagai model yang disesuaikan untuk jalan raya. Meskipun mencuri perhatian publik ketika dipamerkan di seluruh Amerika, mobil-mobil ini tidak pernah diproduksi secara massal.

Kesuksesan ini menginspirasi pengusaha Detroit bernama Eugene Casaroll untuk membeli desain tersebut dan berkeinginan membangun mobilnya sendiri. Langkah pertamanya adalah mendirikan Dual Motors di Michigan, yang menjadi titik awal bagi Dual-Ghias.

Dan Dual-Ghia ini terinspirasi oleh seri mobil konsep Chrysler Firearrow dan berdasarkan Firearrow IV yang dibuat oleh Chrysler Virgil Exner dan Ghia pada tahun 1954.

2

Produksi mobil dimulai pada tahun 1956 dengan nama Dual-Ghia, dengan bodywork yang dibuat oleh Ghia di Italia, sementara perakitan akhir dilakukan oleh Dual Motors Corporation milik Casaroll di Michigan, Amerika Serikat.

Salah satu mitra Casaroll, Paul Farago, memperbesar desain mobil konsep untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada penumpang dan barang bawaan. Ghia memberikan sentuhan akhir dengan menambahkan fitur khas seperti sirip ekor dan memperbarui interior dengan kemewahan yang lebih tinggi. Kemitraan ini saling menguntungkan, dan Casaroll setuju untuk menamai proyek baru mereka sebagai Dual-Ghia.

Sebagai mobil produksi terbatas yang merupakan hasil kerja sama antara Italia dan Amerika, Dual-Ghia cukup sukses. Casaroll memasarkannya kepada orang kaya dan figur terkenal yang mampu membeli mobil dengan biaya tinggi. Dengan harga 7.600 dolar AS saat itu, Dual-Ghia bahkan lebih mahal daripada Cadillac kelas atas. Namun, harga ini tidak menghentikan selebriti seperti Frank Sinatra, Peter Lawford, Eddie Fisher, Glenn Ford, dan Desi Arnaz untuk memilikinya. Para pesohor ini tertarik dengan gaya mobil Italia yang dikombinasikan dengan mesin V8 Amerika yang menghasilkan tenaga 230 dk.

3

Kini, salah satu dari 60 mobil versi convertible bernomor rangka 105 dengan kondisi baik ini dijual di situs online jual beli kendaraan klasik, Bring a Trailer, yang berakhir hari ini, 12 Juni. Dan penawaran tertinggi saat berita ini ditulis mencapai 271.000 dolar AS atau lebih dari Rp4 miliar.

4

Mobil yang dijual ini berasal dari pabrik di Chrysler Vermont Green dan mengalami perubahan warna menjadi biru kehijauan di bawah kepemilikan sebelumnya dan selama perbaikan tahun 2010-an mobil dicat ulang dengan warna pabriknya. Perlengkapan tambahan termasuk bumper krom dengan overrider, ventilasi sepatbor, antena, sampul kaca depan, soft top hijau, lencana panel Ghia, sirip ekor vertikal, dan lampu belakang berbentuk peluru.