Toyota Perkenalkan Mobil Balap Bertenaga Hidrogen GR H2 Racing Concept
Toyota GR H2 Racing Concept. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Toyota memperkenalkan prototipe mobil balap bernama GR H2 Racing Concept. Mobil ini diperkenalkan menjelang balap ketahanan ikonik, 24 Hours Le Mans, yang berlangsung akhir pekan ini.

Toyota GR H2 Racing Concept merupakan prototipe dengan tenaga hidrogen. Mobil ini hadir dengan konsep desain yang aerodinamis seperti regulasi terdahulu pada ajang ketahanan, Le Mans Prototype 1 (LMP1).

Chairman Toyota Akio Toyoda mengatakan pembuatan mobil ini bertujuan untuk menghasilkan nol karbon tanpa harus mengorbankan sisi performa maupun kesenangan akan dunia balap.

“Tujuan saya adalah mencapai netralitas karbon tanpa mengorbankan kecepatan atau keseruan balap. Saya tidak akan berinvestasi pada teknologi ini jika saya tidak yakin kami bisa menang dengan teknologi ini. Hidrogen bukan hanya tentang nol emisi tetapi juga teknologi yang benar-benar menarik," kata Akio Toyoda dalam keterangan resminya, Jum'at, 9 Juni.

Karena mobil tersebut ditenagai oleh hidrogen, Toyota menyematkan powertrain yang cocok digunakan untuk energi tersebut. GR H2 Racing Concept juga memiliki dimensi panjang 5.100 mm dan lebar 2.050 mm,

Sekedar informasi, balap ketahanan dunia, FIA WEC, beberapa waktu lalu mengumumkan rencana mereka untuk menerapkan regulasi mobil bertenaga hidrogen.

Inilah yang membuat Toyota tertarik meneruskan keikutsertaannya di FIA WEC untuk masa yang akan datang setelah mendulang kesuksesan di ajang tersebut selama lima tahun berturut-turut.

Terlebih Toyota merupakan salah satu pelopor kendaraan yang menggunakan energi hidrogen di tengah maraknya produksi kendaraan listrik. Penerapan energi hidrogen telah Toyota kembangkan sejak lama, salah satunya pada mobil GR Corolla yang diikutkan dalam ajang Super Taikyu di Jepang.

GR H2 Racing Concept akan dipajang sepanjang akhir pekan ini di "H2 Village" yang terletak di sekitar lokasi sirkuit De La Sarthe, tempat berlangsungnya balapan ketahanan 24 Hours Le Mans.