X90, Debut Proton di Pasar Kendaraan Energi Baru Terbarukan
PROTON X90. (Dok. Proton)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah cukup lama ditunggu, Proton produsen otomotif Malaysia akhirnya memperkenalkan model Mild-Hybrid Electric Vehicle (MHEV) terbaru, Proton X90.

Peluncuran ini sekaligus menandai debut Proton di pasar kendaraan energi baru terbarukan (NEV) dan komitmen dalam memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Dan Proton X90 merupakan seri-X ketiga yang akan dirakit di pabrik Tanjung Malim bersamaan dengan model sebelumnya, Proton X50 dan Proton X70. 

Dikutip dari laman resmi Proton, Selasa, 28 Maret 2023, X90 tersedia dalam empat varian mulai dari standar hingga flagship. SUV ini diklaim penigkatan pada efisiensi bahan bakar, kinerja dan pengurangan emisi.

"Proton dengan bangga terus melakukan peran utama dalam pengembangan industri otomotif lokal. Dengan komitmen "Kecerdasan yang Memberdayakan", kami memperkenalkan Proton X90 sebagai model mid-hybrid pertama kami, yang menawarkan teknologi inovatif dan solusi cerdas yang memberdayakan pelanggan kami. Sistem EMS 48V memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar, kinerja, serta pengurangan emisi, dan merupakan langkah pertama kami ke segmen New Energy Vehicle," ujar CEO Proton, Dr. Li Chunrong dalam keterangan.

SUV tersebut akan dilengkapi teknologi internal berupa Electric Motor Synergy (EMS) 48V terintegrasi dengan enam komponen lain dari motor Belt-Starter Generator (BSG) 48V, Konverter DCDC, baterai lithium-ion 48V, Battery Management System, Recuperation Braking System, serta sistem kontrol modul hybrid.

Sistem EMS 48V bersama mesin 1.5 L TGDi pada X90 dapat memberikan daya gabungan 187 dk dan torsi 300 Nm. Motor EMS dapat memberikan tenaga tambahan sebesar 12 dk dan 45 Nm. Daya pacu tersebut juga digabungkan dengan transmisi dual-clutch tujuh percepatan yang dapat menawarkan performa optimal.

Mobil juga memiliki fitur keselamatan seperti Rear Collision Warning (RCW) yang memberi peringatan pengemudi pada potensi tabrakan dari belakang dan Traffic Sign Information (TSI) yang mendeteksi dan menampilkan rambu-rambu jalan.

Calon konsumen dapat berkesempatan melihat langsung X90 di enam kota di Malaysia mulai 8 April 2023. Sesi ini akan memberikan kesempatan untuk melihat serta merasakan langsung fitur-fitur X90.

Terkait