Bagikan:

JAKARTA - Toyota Motor Corp pada Selasa 11 Oktober meluncurkan sedan hibrida dengan bahan bakar fleksibel di India. Mereka memulai proyek percontohan di pasar di mana pemerintah mendorong pembuat mobil untuk beralih ke bahan bakar bersih.

Sedan, yang diimpor dari Toyota Brazil tersebut, didukung oleh teknologi bahan bakar fleksibel, yang memungkinkan mesin berjalan dengan bahan bakar yang dicampur dengan persentase etanol yang lebih tinggi, guna mengurangi konsumsi bensin, bersama dengan powertrain hybrid.

Meskipun adopsi kendaraan listrik meningkat dengan lambat di India, namun menteri transportasi jalan ingin pembuat mobil mengembangkan mesin bahan bakar fleksibel yang akan menggunakan etanol buatan lokal sebagai bahan bakar dominan dan mengurangi ketergantungan negara pada bensin yang diimpor.

“Proyek percontohan Toyota akan meningkatkan kemandirian energi India, sejalan dengan target pemerintah untuk swasembada energi pada tahun 2047,” kata wakil ketua Toyota Kirloskar Vikram Kirloskar pada peluncuran di New Delhi, yang dikutip Reuters.

India, yang merupakan produsen utama gula di dunia, ingin meningkatkan penggunaan etanolnya, seperti produsen besar Brasil di mana penjualan kendaraan bahan bakar fleksibel sudah populer.

Tujuan dari uji coba ini adalah untuk melihat bagaimana mobil beroperasi di India dan meningkatkan kesadaran akan teknologi.