Kreator Manga <i>Golgo 13</i>, Takao Saito Meninggal Dunia
Takao Saito (Shogakukan)

Bagikan:

JAKARTA - Komikus Takao Saito meninggal dunia pada 24 September lalu. Dia meninggal pada usia 84 tahun karena kanker pankreas yang dideritanya.

Takao Saito lahir di Wakayam pada November 1936. Dia memulai debutnya melalui manga berjudul Kuki Danshaku pada tahun 1955 dilanjutkan Sagashiya hage Taka Tojo!! pada tahun 1968.

Pada tahun yang sama, Takao Saito mulai membuat manga Golgo 13 yang masih berjalan hingga 200 volume. Golgo 13 dinobatkan sebagai manga terlaris sepanjang masa kedua setelah One Piece dari Eiichiro Oda.

Golgo 13 mengisahkan seorang pembunuh legendaris yang menggunakan nama sandi Golgo 13 atau Duke Togo. Dia adalah orang yang bersedia membunuh siapapun dengan harga yang didapatkan.

Kesuksesan Golgo 13 sudah dikembangkan dalam versi live action pada tahun 1973 dan 1977 serta anime dan video games.

Melansir Jiji Press, volume terbaru Golgo 13 sempat tertunda selama satu setengah tahun lantaran pandemi COVID-19.

Takao Saito selaku kreator juga berharap serial Golgo 13 tetap berlanjut tanpa campur tangannya. Oleh karena itu, dia mendirikan Saito Production yang terdiri dari staf penulis dan perusahaan produksi.

Shogakukan selaku penerbit mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Takao Saito. Mereka juga mengungkapkan rencana mengenai kelanjutan Golgo 13.

“Kami mengucapkan turut berduka cita dan rasa hormat atas pencapaian Saito. Kami berencana melanjutkan Golgo 13 dengan campur tangan bersama staf sesuai harapan (Takao Saito),” kata pihak Shogakukan.