Heboh Menteri KKP Susi Pudjiastuti Muncul di Komik Jepang dalam Memori Hari Ini, 13 April 2017
Susi Pudjiastuti yang pernah menjabat sebagai Menteri KPP era 2014-2019. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Memori hari ini, tujuh tahun yang lalu, 13 April 2017, wajah Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti yang muncul di komik Jepang membawa kehebohan. Susi kala itu hadir dalam komik Jepang karangan Takao Saito berjudul Golgo 13 ramai diperbincangkan karena diunggah akun Twitter @iwanpalsu.

Sebelumnya, Susi dikenal gemar tenggelamkan kapal pencuri ikan asing. Perburuan ikan ilegal itu dianggap merugikan negara. Hasil laut Indonesia seharusnya dapat meningkatkan hajat hidup orang banyak, malah banyak dinikmati negara lain.

Menteri Susi kerap dianggap sebagai salah satu wanita perkasa Indonesia. Nyalinya dalam memimpin Kementerian KPP tak dapat dianggap remeh. Ia ingin seluruh potensi laut yang melimpah dapat menaikkan hajat hidup rakyat Indonesia.

Keinginan itu diwujudkan Susi dengan menjaga lautan Indonesia dari praktik ilegal fishing dari kapal asing. Siasat pun dimainkan. Susi kemudian memulai mencari celah Undang-Undang (UU) yang melegalkan tindakan tegas kapal-kapal asing pencuri ikan.

Wajah Susi Pudjiastuti muncul dalam komik Jepang Golgo 13. (Twitter/X: @IwanPalsu)

Ia lalu menemukan sebuah UU Nomor 45 tahun 2009. UU itu mengatur dengan tegas di mana pemerintah dapat menenggelamkan kapal ikan yang mencuri di wilayah laut Indonesia. Celah aturan itu dikemas Susi sebagai usulan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia meminta pendapat Jokowi untuk menjadikan aturan itu sebagai konsensus nasional. Jokowi pun setuju. Susi bak mendapatkan lampu hijau. Barang siapa yang melakukan pencurian ikan, segera ditangkap.

Setelahnya, kapal-kapalnya akan ditenggelamkan. Sikap itu membuat Susi mendapatkan pujian dan kecaman dalam satu waktu. Mayoritas rakyat Indonesia mendukung penuh langkah Susi menenggelamkan kapal sejak jadi Menteri KPP.

Mereka yang kontra kebanyakan berasal dari kaum politikus dan pejabat. Tindakan Susi kerap dipandang sebagai langkah merugikan. Sebab, kapal-kapalnya lebih baik difungsikan, dibanding dihancurkan. Susi pun menganggap angin saja semua kritikan. Ia terus dengan agendanya menenggelamkan kapal asing pencuri ikan.

Celoteh @IwanPalsu kala mengungkap Menteri KKP Susi Pudjiastuti dalam komik Jepang. (Twitter/X: @IwanPalsu)

“Saya dibilang Pak Rizal Ramli kontroversial, tak apa. Negeri kita ini juga penuh kontroversi, di lautnya juga. Pak Darmin bilang Indonesia tak punya cukup kapal, sehingga lebih baik membeli lagi kapal bekas dengan harga murah.”

“Saya tak setuju. Saya bilang ke Presiden dan semuanya. Sejauh ini kebijakan saya berhasil meningkatkan pertumbuhan perikanan di Indonesia, jadi biarkan saya jalankan policy (peraturan) saya. Akhirnya Pak Presiden setuju,” ujar Susi sebagaimana dikutip Kumparan, 19 Oktober 2018.

Keberanian Susi mengenggelamkan kapal pencuri ikan nyatanya menginspirasi banyak orang. Komikus Takao Saito sampai menghadirkan tokoh Susi dalam karyanya Golgo 13 volume 185 yang terbit pada 13 Desember 2016.

Gambaran sosok Menteri Susi pun diungkap oleh akun twitter @iwanpalsu pada 13 April 2017. Jagat dunia maya pun dilanda kehebohan. Semuanya karena sosok Susi itu dalam percakapannya sedang melakukan hal yang identik dengan ajiannya menenggelam kapal.

Sosok itu sedang menggelamkan kapal yang melakukan hal ilegal. Susi pun ikut merespon cuitan yang menerangkan arti bahasa Jepang di komik. Awalnya Susi menganggap isi komik itu berisi dirinya dirundung. Namun, ternyata isinya sesuai dengan laku hidup susi.

“Ahhh sekarang baru ngerti isinya apa. Tadinya saya pikir wah di-bully lagi nih. Tapi ternyata isinya ok. Bangga Indonesia,” ujar Susi dalam Twitternya @susipudjiastuti, 13 April 2017.

Terkait