Renungan Hindia Satu Semester Terangkum dalam <i>Setengah Tahun Ini</i>
Hindia (Sun Eater)

Bagikan:

JAKARTA - Musisi Hindia merilis lagu terbarunya berjudul Setengah Tahun Ini pada Selasa, 14 Juli kemarin. Menilik judulnya, lagu ini menjadi bahan renungan penyanyi bernama Baskara Putra ini selama paruh pertama tahun 2020.

Mengajak Rayhan Noor sebagai produser, Setengah Tahun Ini merupakan salah satu lagu yang ditulis Baskara selama karantina. Sebulan lalu, ia memutuskan untuk memperdengarkan bagian pertama kepada Rayhan. Saat itu, liriknya belum ditulis.

Selain Rayhan Noor, Hindia juga dibantu Wisnu Iksantama dalam penggarapan lagu ini. Setengah Tahun Ini menjadi penutup era Menari Dengan Bayangan, album yang dirilisnya pada November 2019.

“Lagu ini merangkum apa yang saya rasakan secara sosial dan pribadi selama enam bulan ke belakang. Dalam proses penulisan, akhirnya diputuskan bahwa ‘Setengah Tahun Ini’ menjadi lagu untuk menutup era Menari Dengan Bayangan,” ujar vokalis .Feast itu melalui siaran pers yang VOI terima.

Baskara pun mengambil beberapa lirik dari album perdananya ke dalam lirik Setengah Tahun Ini di antaranya Evaluasi, Secukupnya, dan Mata Air.

Isu sosial masih menjadi sorotan Hindia dalam lagu ini. Kehilangan musisi besar seperti Glenn Fredly, penanganan pandemi yang dijalankan, hingga staf Istana Negara berpadu dengan budaya cancel (cancel culture) yang beberapa waktu lalu menyerangnya.

“Gue kurang bijak. Gue kurang dewasa. Gue menyampaikan dengan cara yang salah,” kata musisi kelahiran 22 Februari ini. Menurutnya ia tidak apa jika dikritik namun ketika kritik itu berubah menjadi pesan kebencian (hate message), itu terasa tidak wajar.

Hindia juga mengeksplorasi gaya baru dengan menyelipkan sisi rap dan paduan suara yang membuat lagu ini bukan seperti Hindia maupun .Feast. “Awalnya lagu ini pakai gitar akustik tapi gue udah sering mengerjakan warna musik seperti ini.” Dari situ ia mengubah lagu hingga terpikirkan ide menambahkan sedikit sisi choir-nya.

Tidak hanya lagu, untuk video klipnya, kali ini Baskara tidak mengajak penggemar untuk berpartisipasi seperti yang sudah-sudah. Pembuatan video Setengah Tahun Ini dibuat dengan arahan yang spesifik dengan efek spesial mulai dari potret Baskara hingga footage kejadian yang diseleksi bersama tim.

Dalam bermusik, Hindia tidak mengacu ke satu musisi secara spesifik. Penggunaan era yang sering dilakukan musisi internasional menginspirasinya untuk melakukan pembagian musik agar menekankan konsep yang kuat.

"Saya ingin tiap babak dalam perjalanan saya mendalami musik, konsep dan visual untuk dapat dibedakan dengan sangat jelas,"

Hindia (Baskara Putra)

Dengan Setengah Tahun Ini, era Menari Dengan Bayangan resmi berakhir. Lagu Setengah Tahun Ini bisa didengarkan melalui layanan musik digital. Tonton video musik Setengah Tahun Ini di bawah ini:

Terkait