Bagikan:

JAKARTA - Duka mendalam tengah dirasakan teman, kerabat, keluarga dan penggemar Ade Paloh. Sang vokalis Sore Ze Band ini telah tutup usia pada hari ini, 19 Maret.

Sebagai penggawa grup, Ade telah mencatatkan banyak karya indah. Dalam dua dekade, ia memberikan warna tersendiri di industri musik.

Sore pun masih menjadi grup musik yang begitu dicintai meski zaman dan era berubah. Berikut beberapa lagu ciptaan Ade Paloh yang akan dikenang dengan segala keindahannya.

1. Setengah Lima

Sebuah lagu ajaib yang menggambarkan karakter Sore tak lain adalah Setengah Lima. Kesenduan, kontemplasi dan pilu tergambar di lagu yang rilis tahun 2008 ini.

Fakta menariknya, lagu ini jugalah menginspirasi Is menciptakan lagu Menuju Senja untuk Payung Teduh. Sama halnya dengan Is, banyak jiwa lainnya akan terekanang dengan lagu ini.

2. Karolina

Tak melulu soal resah dan pilu, Ade juga piawai mencipta lagu romantis tanpa terdengar klise. Karolina salah satunya, lagu di album Ports of Lima seperti Setengah Lima.

Sosok Karolina digambarkan sebagai puan yang begitu memesona. Ia menggambarkan itu lewat lirik yang sederhana tapi bisa melebur apik dengan aransemennya.

3. Plastik Kita

Penuh renungan mengenai makna hidup, lagu Plastik Kita dikemas dengan aransemen yang lebih ringan. Mungkin memang ada maksudnya.

Tak terbayang jika lirik-lirik menyayat ini dibuat dengan suasana kelam, mungkin hanya kegelapan yang terasa. Namun Sore memberi sentuhan tersendiri yang membuatnya unik.

4. Ambang

Ambang dirilis di album Centralismo pada 2005, menceritakan tentang cinta yang tampaknya bertepuk sebelah tangan.

Entah apa sebabnya, tiada khabar berita. Ujung senja kunantikan, namun dikau tiada datang.

5. Sssst...

Lagu easy listening ini mungkin jadi karya yang paling menempel di ingatan. Sssst.... diambil dari album Sorealist (2013), dan langsung jadi lagu andalan hingga kini.

Permainan kata di lagu ini jadi ciri khas yang membuatnya awet dicintai penggemar. Kelima tembang ini pun akhirnya jadi legacy yang ditinggalkan Ade Paloh yang berdedikasi tinggi di musik.