Film Dokumenter Baru Anthony Bourdain, <i>Roadrunner</i> Gunakan Audio <i>Artificial Intelligence</i>
Anthony Bourdain (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah film tentang Anthony Bourdain siap dirilis. Dokumenter berjudul Roadrunner itu akan menggunakan suara artificial intelligence (AI).

Proyek ini dikerjakan di bawah arahan sutradara, Morgan Neville. Tim produksi film ini mengumpulkan arsip audio Bourdain untuk kemudian disusun sebagai narasi yang seakan-akan ditutur langsung oleh Bourdain.

Arsip audio itu diambil dari belasan jam audio film, televisi, buku audio, radio hingga penampilan sang legenda kuliner dalam podcast. Diwawancarai majalah GQ, Neville mengatakan, "Semakin besar kuantitasnya, semakin baik hasilnya."

"Kami bekerja dengan empat perusahaan sebelum memutuskan yang terbaik."

Penggarapan audio AI oleh tim produksi Roadrunner memancing reaksi ramai di media sosial. Kritikus film, Sean Burns menyatakan kekaguman dan keterkejutannya.

“Ketika saya menulis ulasan (Roadrunner), saya tidak menyadari pembuat film menggunakan artificial intelligence untuk memalsukan suara Anthony Bourdain untuk sebagian narasi. Saya merasa ini memberitahu Anda semua yang perlu diketahui tentang etika orang-orang di balik proyek ini.”

Roadrunner telah dirilis di bioskop Amerika Serikat (AS) pada 16 Juli.